Kompas TV regional berita daerah

BPBD Belum menambah Posko Pengungsian Erupsi Merapi

Kompas.tv - 21 Januari 2021, 11:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, belum akan menambah posko pengungsian terkait dengan erupsi Gunung Merapi. Hal tersebut masih berdasarkan pada rekomendasi yang ditetapkan oleh BPPTKG Yogyakarta.

Erupsi efusif yang terjadi pada Gunung Merapi terjadi guguran lava pijar ataupun lava panas, mengarah ke barat daya atau ke Sungai Krasak. Namun Pemerintah Kabupaten Magelang belum akan menyiapkan posko pengungsian.

Menurut Plt Kepala Pelaksana Harian BPBD Magelang, Edy Susanto, pihaknya masih berpedoman terhadap rekomendasi yang dikeluarkan oleh BPPTKG Yogyakarta, yakni radius aman sejauh 5 kilometer dari puncak.

Sedangkan wilayah terdekat dari arah guguran tersebut yakni lebih dari 6 kilometer. Hal tersebut membuat Pemerintah Kabupaten Magelang belum mengeluarkan rekomendasi terhadap kawasan tersebut.

Terkait ancaman bahaya lahar hujan dari Gunung Merapi yang sudah berada di lereng gunung, berdasarkan informasi yang diterimanya jumlah material vulkanik sampai saat ini masih tergolong kecil. Sehingga diperkirakan tidak akan mencapai ke pemukiman penduduk.

#Magelang #GunungMerapi #PoskoPengungsian

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.