Kompas TV nasional peristiwa

Perjalanan Karier Jaksa Pinangki: Berjalan Biasa Saja

Kamis, 21 Januari 2021 | 11:40 WIB
perjalanan-karier-jaksa-pinangki-berjalan-biasa-saja
Jaksa Pinangki, terdakwa kasus dugaan suap dan gratifikasi pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) Djoko Tjandra, saat menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (9/11/2020). (Sumber: Antara Foto/Sigid Kurniawan)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jaksa Pinangki Sirna Malasari, terdakwa kasus dugaan korupsi terkait kepengurusan fatwa di Mahkamah Agung, membacakan nota pembelaan atau pleidoi, kemarin Rabu (20/1/2021) di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Melalui pleidoi tersebut, Jaksa Pinangki juga menceritakan perjalanan kariernya hingga menjadi jaksa.

Jaksa Pinangki memulai ceritanya mulai dari Kota Yogyakarta bersama keluarganya yang sederhana.

“Saya lahir dan dibesarkan di kota Yogyka dalam kehidupan keluarga yang sangat sederhana. Pada waktu itu saya kuliah saja tidak mampu,” kata Pinangki, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (21/1/2021).

Pada tahun 2000, ia bertemu dengan suaminya yang pertama, almarhum Djoko Budiharjo. Suaminyalah yang membiayai kuliah Pinangki di Universitas Ibnu Kaldun Bogor.

“Atas kebaikan suami saya, saya dibiayai kuliah S1,” lanjutnya.

Pada 2004, ia lulus dan disarankan untuk mendaftar di Kejaksaan RI. Ia akhirnya berhasil diterima menjadi seorang calon jaksa.

Penulis : Fiqih Rahmawati


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:46
ANGKATAN UDARA ARAB SAUDI GELAR LATIHAN BERSAMA ANGKATAN UDARA AS   FACEBOOK DIDENDA RP 9,2 TRILIUN OLEH PENGADILAN NEGERI BAGIAN UTARA CALIFORNIA GARA-GARA FITUR "TAGGING"   PAUS FRANSISKUS AKAN MEMULAI KUNJUNGAN KEPAUSAN PERTAMANYA DI IRAK PADA JUMAT, 5 MARET 2021   PEMKOT PONTIANAK, KALBAR, BENTUK SATGAS UNTUK PENANGANAN KARHUTLA YANG TERJADI DALAM SEPEKAN TERAKHIR   KLHK: KUALITAS UDARA DI KOTA PONTIANAK, KALBAR, TIDAK SEHAT AKIBAT KARHUTLA   REL LAYANG JADI OPSI PEMKOT SOLO ATASI KEMACETAN DI PALANG JOGLO, NUSUKAN, BANJARSARI   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP KRL YOGYAKARTA-SOLO BISA TINGKATKAN SEKTOR PARIWISATA DAN BISNIS   DINKES KOTA BEKASI TELAH TERIMA 50.700 DOSIS VAKSIN COVID-19 UNTUK MELAKUKAN VAKSINASI TAHAP DUA   DINKES KOTA BEKASI PERTIMBANGKAN VAKSINASI COVID-19 TAHAP DUA DILAKUKAN SECARA MASSAL   SEBANYAK 1.400 PEDAGANG PASAR DI KOTA TANGERANG, BANTEN, TERIMA VAKSIN COVID-19   SEBANYAK 26.000 WARGA LANSIA DI KECAMATAN KEMBANGAN, JAKBAR, JADI TARGET PESERTA VAKSINASI COVID-19   MENTERI ATR/KEPALA BPN SOFYAN DJALIL: PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (PPAT) YANG TERLIBAT MAFIA TANAH AKAN DIPECAT   PLT GUBERNUR SULSEL ANDI SUDIRMAN SULAIMAN AKAN EVALUASI SEMUA PROYEK SETELAH NURDIN ABDULLAH DITANGKAP KPK   MENPAN DAN RB TJAHJO KUMOLO: TOTAL KEBUTUHAN ASN UNTUK 2021 SEBANYAK 1,3 JUTA ORANG