Kompas TV regional berita daerah

BPPTKG Ubah Rekomendasi Daerah Bahaya Erupsi Merapi

Kompas.tv - 21 Januari 2021, 11:32 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pasca keluarnya magma Gunung Merapi ke permukaan, BPPTKG Yogyakarta kini mengubah rekomendasi daerah bahaya ke arah barat daya dan selatan. Sebelumnya, BPPTKG Yogyakarta merekomendasikan bahaya erupsi merapi berada di arah selatan dan tenggara, sehingga ratusan warga Dusun Kalitengah Lor, di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, mengungsi.

Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta telah memasuki fase erupsi sejak 4 Januari 2021 lalu. Fase erupsi ini berupa keluarnya magma ke permukaan, disertai luncuran lava pijar dan awan panas guguran. Namun berbeda dengan prediksi awal, luncuran material vulkanik justru mengarah ke hulu Sungai Krasak, Boyong dan sejumlah sungai di sisi barat daya kawah Gunung Merapi.

Dikarenakan arah luncuran material vulkanik gunung merapi kini mengarah ke barat daya, maka rekomendasi kawasan bahaya erupsi merapi kini bergeser ke sejumlah Dusun di Kecamatan Turi dan Pakem, di Sleman, Yogyakarta. Namun untuk kawasan selatan di Kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, yang menjadi arah bukaan kawah merapi sejak erupsi merapi tahun 2006 lalu, BPPTKG Yogyakarta tetap mengingatkan adanya potensi bahaya luncuran material vulkanik.

Sebelumnya, BPPTKG Yogyakarta sempat condong melihat bahaya erupsi Gunung Merapi berada di sisi selatan dan tenggara. Akibatnya, rekomendasi pengosongan aktivitas kegiatan masyarakat dalam radius 5 kilometer yang dikeluarkan BPPTKG Yogyakarta, langsung ditindaklanjuti dengan penutupan sejumlah objek wisata di kawasan itu, serta mengungsinya ratusan warga Dusun Kalitengah Lor di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

#Merapi #Yogyakarta #Sleman

 

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.