Kompas TV bisnis kompas bisnis

Kebijakan Impor Daging Sapi, Ini Selengkapnya

Kamis, 21 Januari 2021 | 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kalau bicara komoditas impor, seringkali Indonesia dihadapkan dengan kenaikan harga. 

Karena semua bergantung pada kondisi di negara pengimpor. 

Mulai dari jumlah komoditasnya hingga nilai tukar atau kurs dari negara tersebut. 

Ada daging lokal dan daging impor, dipilih pemerintah supaya masyarakat punya pilihan varian daging sapi yang akan dibeli.

Mengapa Indonesia selalu impor? Alasannya selalu sama. Karena kebutuhan masyarakat Indonesia tak cukup hanya dipenuhi oleh produksi domestik. Ini adalah angka untuk kebutuhan daging sapi di Indonesia.

Nah dengan selisih ini, maka ditambahlah daging impor untuk memenuhi kebutuhannya. 

Berarti ada 300.000 ton daing sapi atau setara 1,7 ekor sapi per tahun, untuk bisa memenuhi kebutuhan domestik.

Terhitung sudah 1 dekade lebih Indonesia mengimpor daging sapi.

Berdasarkan data United Nations Comtrade, ada peningkatan volume impor daging sapi di Indonesia.

Karena pandemi di tahun lalu, kementerian pertanian memberi relaksasi untuk para importir, terutama importir sapi bakalan.sebelum pandemi aturannya, Kalau importir mengimpor 5 sapi bakalan, wajib mengimpor 1 sapi indukann. Saat pandemi aturan ini dihapuskan. 

Jadi daging impor biasanya datang dalam bentuk anakan atau bakalan sapi. Dibesarkan di peternakan di Indonesia selama 3 sampai 4 bulan.
 
 

Penulis : Merlion Gusti


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:00
PERHIMPUNAN HOTEL DAN RESTORAN INDONESIA HARAP BANTUAN STIMULUS SEGERA CAIR UNTUK SEKTOR PARIWISATA TAHUN 2021   PEMKOT SALATIGA GELAR SAYEMBARA KEDISIPLINAN TINGKAT RW DALAM PENERAPAN PROKES DI TENGAH PANDEMI   KEMENKES HARAP KEHADIRAN LAYANAN KESEHATAN BERBASIS DIGITAL MEMUDAHKAN MASYARAKAT DAPATKAN PENGOBATAN    PEMKOT PONTIANAK, KALBAR, BENTUK SATGAS UNTUK PENANGANAN KARHUTLA YANG TERJADI DALAM SEPEKAN TERAKHIR   MENHUB BUDI KARYA SUMADI BERENCANA KEMBANGKAN LAYANAN KERETA REL LISTRIK (KRL) DI BERBAGAI DAERAH   KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG: PELANGGARAN TATA RUANG TERBANYAK ADA DI PERKOTAAN   KETUA DPD LA NYALLA MATTALITTI: DPD DUKUNG KEMAJUAN PENGEMBANGAN DAERAH UNTUK INDONESIA MAJU   MENDAGRI HARAP DAMKAR TURUT BERKONTRIBUSI HENTIKAN PENYEBARAN COVID-19   HUT KE-102 DAMKAR, MENDAGRI INGATKAN PETUGAS DAMKAR TETAP PATUHI PROTOKOL KESEHATAN SAAT BERTUGAS   KAROPENMAS HUMAS POLRI BRIGJEN RUSDI HARTONO SEBUT 12 TERDUGA TERORIS DI JATIM MASUK KELOMPOK FAHIM   TANGKAP 12 TERORIS DI JATIM, DENSUS 88 SITA PULUHAN BUTIR PELURU HINGGA BUSUR PANAH   DENSUS 88 TERUS DALAMI SOAL RENCANA EKSEKUSI DAN SASARAN AKSI YANG AKAN DILAKUKAN 12 TERDUGA TERORIS DI JATIM   POLRI SEBUT 12 TERDUGA TERORIS YANG DITANGKAP DI JAWA TIMUR TELAH MERENCANAKAN AKSI TEROR   PEMPROV DKI JAKARTA AKAN TATA TROTOAR DI KAWASAN KEBAYORAN BARU SEPANJANG 4,6 KILOMETER MULAI MEI 2021