Kompas TV bisnis kompas bisnis

Pedagang Daging Sapi Berencana Mogok Berjualan Selama 3 Hari

Kamis, 21 Januari 2021 | 10:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pedagang daging sapi di Jabodatebek berencana mogok berjualan selama 3 hari. Mereka memprotes harga daging sapi yang melonjak di rumah pemotongan hewan.

Tak ada aktivitas penjual dan pembeli di Pasar Cempaka Putih, Jakarta Pusat. 

Tak ada daging sapi yang dijual di los-los. Pedagang memilih tidur di lapak tempat mereka biasanya menjajakan daging sapi. 

Para pedagang meyakini, berjualan pun akan sia-sia, karena tak akan ada pembeli saat harga daging sapi begitu mahal. 

Di sini, daging dijual dengan harga Rp 130.000, naik dari sebelumnya Rp 85.000 per kilogram.

Di banten, masih ada pedagang memilih berjualan meski jumlahnya lebih sedikit dibanding pedagang yang memilih untuk stop berjualan. 

Para pembeli pun memilih untuk tak membeli daging sapi yang kini dijual di harga Rp 140.000 per kilogram.

Ada beberapa faktor yang membuat harga daging sapi. Pertama, perbaikan ekonomi di Tiongkok membuat mereka mulai kembali mengimpor daging sapi dari negara yang sama dengan Indonesia. 

Ditambah kurs Australia yang digunakan sebagai acuan harga, sedang naik.

Pemerintah pun membuka pintu dialog dengan para pedagang, agar masalah ini bisa segera diselesaikan.

Berdasar data pusat informasi harga pangan strategis nasional, per 20 Januari daging sapi dijual berkisar Rp 112.000 an hingga Rp 123.000 an, tergantung kualitasnya. Dengan rata-rata harga Rp 119.000 - Rp 200 per kilogram.
 
 

Penulis : Merlion Gusti


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Selebriti

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Selasa, 2 Maret 2021 | 19:49 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
20:03
KAROPENMAS HUMAS POLRI: 59 DARI 62 KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 TELAH TERIDENTIFIKASI   DISHUB DKI JAKARTA: KENDARAAN YANG TAK LULUS UJI EMISI AKAN DIKENAKAN TARIF PARKIR TERTINGGI   KETUA MAJELIS PERTIMBANGAN KARANG TARUNA GIBRAN RAKABUMING RAKA MINTA KARANG TARUNA DUKUNG VAKSINASI COVID-19   DUKUNG PENERAPAN TILANG ELEKTRONIK, POLDA JATENG PASANG KAMERA DI HELM POLANTAS   KEMENAKER DORONG DUNIA USAHA SEGERA BUAT STRUKTUR DAN SKALA UPAH SESUAI DENGAN PERATURAN PENGUPAHAN TERBARU   KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN AKSELERASI PENGEMBANGAN KENDARAAN LISTRIK BERBASIS BATERAI   WAPRES MA'RUF AMIN SEBUT GENOSE MERUPAKAN INOVASI ANAK BANGSA YANG HARUS DIDUKUNG   TIM DVI POLRI TUTUP IDENTIFIKASI KORBAN PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182, 3 ORANG BELUM TERIDENTIFIKASI   BEKERJA SAMA DENGAN KPU, MENKES HARAP MASYARAKAT BISA RASAKAN PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS DATA   KPU DAN KEMENKES TANDA TANGANI MOU SOAL AKSES DATA UNTUK VAKSINASI COVID-19   KPU SIAP BEKERJA SAMA DENGAN INSTANSI YANG MEMBUTUHKAN DATA PEMILIH   SATGAS: TEMUAN KASUS COVID-19 DARI MUTASI VIRUS CORONA B.1.1.7 ASAL INGGRIS AKAN DITELUSURI LEBIH LANJUT   KETUA DPD MINTA PEMDA HADIRKAN KEBIJAKAN INOVATIF DI SEKTOR EKONOMI AGAR PROSES PEMULIHAN DARI PANDEMI LEBIH CEPAT   KETUA DPD MINTA PEMDA HADIRKAN KEBIJAKAN INOVATIF DI SEKTOR EKONOMI AGAR PROSES PEMULIHAN DARI PANDEMI LEBIH CEPAT