Kompas TV regional berita daerah

Sulap Bekas Tambang Emas Liar Jadi Kebun Sawit

Kompas.tv - 20 Januari 2021, 17:36 WIB
Penulis : KompasTV Jambi

MERANGIN, JAMBI, KOMPAS.TV - Di Provinsi Jambi tambang emas liar tumbuh bagai jamur di musim hujan. Kegiatan tambang emas secara liar bahkan semakin berani, wargapun menikmati hasil berupa butiran emas. Dampak tambang emas yang tak beraturan lahan rusak, sungai hancur, lahan perkebunan berubah fungsi tanah bekas galian bertumpuk tak karuan. Kondisi ini terjadi pada 5 Kabupaten di Provinsi Jambi.

Rusaknya lahan menimbulkan keprihatinan, warga Kecamatan Pamenang Selatan dan Renah Pamenang Kabupaten Merangin Jambi kini memanfaatkan tumpukan tanah dan kolam - kolam bekas tambang menjadi areal perkebunan. Dengan menggunakan alat berat jenis ekskavator warga meratakan kembali bekas tambang yang ditinggal begitu saja.

Warga melakukan reklamasi mandiri setelah datar lalu ditanami kembali dengan kelapa sawit. Menurut warga yang memanfaatkan tanah bekas tambang emas ini justru lahannya subur. Dulu kebun miliknya tersebut hasil perkebunannya sangat jelek, namun usai di dompeng lalu ditimbun, saat ini tanaman kelapa sawitnya bagus, karena menurutnya tanah timbunan ini membawa unsur hara hingga membuat tanaman kelapa sawitnya tumbuh subur.

 

#LahanBekasTambangEmasLiar #KabupatenMerangin #KebunSawit



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.