Kompas TV nasional breaking news

Kebijakan Calon Kapolri Soal Perbaikan Layanan dari Sikap, Perilaku, Hingga Pungli oleh Oknum Polri

Rabu, 20 Januari 2021 | 11:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui Komisi III akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Komjen Listyo Sigit menyampaikan beberapa program kebijakan seperti meningkatkan pelayanan agar dapat menjangkau seluruh kepentingan masyarakat.

"Ke depan kami akan meningkatkan sistim, sehingga hal-hal sifatnya memunculkan interaksi dan memunculkan penyalahgunaan wewenang kemudian akan kami perbaiki," kata Komjen Listyo, Rabu (20/1/2021).

Sambung Komjen Listyo, Polri akan membuat sebuah program yang dapat menciptakan keadilan seluruh lapisan dan golongan masyarakat atau justice for all.

Selain itu, Komjen Listyo juga menyampaikan terkait kinerja Polri yang masih menuai masukan, koreksi dan kritik dari berbagai pihak. Salah satunya adalah kinerja Polri yang akan menjadi perhatian serius.

"Seperti pelayanan Polri yang masih dirasakan sebagian masyarakat umum masih berbeli-belit. Ucapan, sikap, dan perilaku anggota yang arogan yang dirasakan masyarakat. Adanya pungli di sektor-sektor pelayanan, kebiasaan-kebiasaan suka cari-cari kesalahan dan mengutamakan kekerasan dalam menyelesaikan suatu masalah. Penanganan kasus yang terkesan tebang pilih," ujar Komjen Listyo.

Kendati demikian dari hasil survei, Komjen Listyo mengatakan tingkat kepercayaan Polri masih menempati posisi ke 3. Namun, pihaknya tetap terus mencoba melakukan peningkatan dan penyempurnaan.

Ia juga mengatakan ke depannya, Polri tak akan berhenti menjawab harapan masyarakat dalam posisi sebagai alat negara yang bertugas untuk menjaga keamanan dalam negeri.

Uji kelayakan akan digelar dua sesi yakni mulai pukul 10.00 sampai 12.00 WIB pemaparan makalah. Lalu, dilanjutkan pada pukul 14.00-16.30 WIB sesi pendalaman dari Komisi III.

Penulis : Reny Mardika


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:21
KAROPENMAS HUMAS POLRI: 59 DARI 62 KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 TELAH TERIDENTIFIKASI   DISHUB DKI JAKARTA: KENDARAAN YANG TAK LULUS UJI EMISI AKAN DIKENAKAN TARIF PARKIR TERTINGGI   KETUA MAJELIS PERTIMBANGAN KARANG TARUNA GIBRAN RAKABUMING RAKA MINTA KARANG TARUNA DUKUNG VAKSINASI COVID-19   DUKUNG PENERAPAN TILANG ELEKTRONIK, POLDA JATENG PASANG KAMERA DI HELM POLANTAS   KEMENAKER DORONG DUNIA USAHA SEGERA BUAT STRUKTUR DAN SKALA UPAH SESUAI DENGAN PERATURAN PENGUPAHAN TERBARU   KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN AKSELERASI PENGEMBANGAN KENDARAAN LISTRIK BERBASIS BATERAI   WAPRES MA'RUF AMIN SEBUT GENOSE MERUPAKAN INOVASI ANAK BANGSA YANG HARUS DIDUKUNG   TIM DVI POLRI TUTUP IDENTIFIKASI KORBAN PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182, 3 ORANG BELUM TERIDENTIFIKASI   BEKERJA SAMA DENGAN KPU, MENKES HARAP MASYARAKAT BISA RASAKAN PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS DATA   KPU DAN KEMENKES TANDA TANGANI MOU SOAL AKSES DATA UNTUK VAKSINASI COVID-19   KPU SIAP BEKERJA SAMA DENGAN INSTANSI YANG MEMBUTUHKAN DATA PEMILIH   SATGAS: TEMUAN KASUS COVID-19 DARI MUTASI VIRUS CORONA B.1.1.7 ASAL INGGRIS AKAN DITELUSURI LEBIH LANJUT   KETUA DPD MINTA PEMDA HADIRKAN KEBIJAKAN INOVATIF DI SEKTOR EKONOMI AGAR PROSES PEMULIHAN DARI PANDEMI LEBIH CEPAT   KETUA DPD MINTA PEMDA HADIRKAN KEBIJAKAN INOVATIF DI SEKTOR EKONOMI AGAR PROSES PEMULIHAN DARI PANDEMI LEBIH CEPAT