Kompas TV nasional update corona

Pemprov DKI Minta Pemerintah Pusat Tingkatkan Fasilitas Kesehatan Daerah Penyangga

Kompas.tv - 19 Januari 2021, 23:22 WIB
pemprov-dki-minta-pemerintah-pusat-tingkatkan-fasilitas-kesehatan-daerah-penyangga
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dalam diskusi virtual dengan Satgas Covid-19. (Sumber: Youtube BNPB)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta minta pemerintah pusat turun tangan membantu menyiapkan fasilitas kesehatan di daerah penyangga atau Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek). Permintaan itu diajukan Pemprov DKI karena kapasitas rumah sakit (RS) khusus pasien virus Corona (COVID-19) di Jakarta hampir penuh.

“Pak Gubernur berkoordinasi dengan pemerintah pusat, berharap nanti pemerintah pusat bisa mengambil alih, memimpin agar ada peningkatan fasilitas di sekitar Bodetabek. Sehingga ketersediaan dari fasilitas di Jakarta bisa terus meningkat tapi okupansinya turun,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Balai Kota, Selasa (19/1/2021).

Baca Juga: Bergejala Covid Meninggal karena Ditolak 10 Rumah Sakit, Ini Kata Satgas Covid-19 Kota Depok

Riza mengatakan saat ini kapasitas rumah sakit di DKI Jakarta hanya tinggal 13 persen. Dengan fakta ketersediaan kapasitas itu, Riza menegaskan rumah sakit atau fasilitas kesehatan di Jakarta tidak pernah menolak pasien COVID-19 dari daerah manapun

“Terkait yang dirawat tidak ada syarat. Dari siapa saja, dari daerah mana yang masuk di Jakarta kita harus tolong dan bantu. Jadi pak Gubernur, saya, seluruh jajaran tidak pernah membedakan secara daerah mana, asli orang mana, punya uang, nggak punya uang, semuanya sama. Kita berikan pelayanan yg terbaik,” tegasnya.

Baca Juga: Satgas: Hampir Seluruh Daerah di Indonesia Berisiko Tinggi Penularan Covid-19

Namun, sambung Riza, pemerintah pusat juga perlu mendukung daerah penyangga dengan menambah fasilitas kesehatan.

“Nggak cukup kalau kita Jakarta meningkatkan terus berbagai fasilitas tapi daerah lain nggak dapat dukungan. Kami juga Pemprov Jakarta perlu mendapat dukungan, selama ini kami terima kasih mendapat dukungan dari Pemerintah Pusat, mudah-mudahan Pemerintah Pusat bisa menambah dukungan terkait Faskes. Selama ini sudah ada sesungguhnya, kami harap ada peningkatan bagi daerah di Bodetabek,” sambungnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.