Kompas TV nasional update corona

Satgas: Hampir Seluruh Daerah di Indonesia Berisiko Tinggi Penularan Covid-19

Selasa, 19 Januari 2021 | 20:57 WIB
satgas-hampir-seluruh-daerah-di-indonesia-berisiko-tinggi-penularan-covid-19
Jumlah kasus Corona di Indonesia (19/1/2021) (Sumber: BNPB/ SATGAS PENANGANAN COVID19)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Zona merah atau berisiko tinggi penularan Covid-19 meningkat tajam pekan ini. Untuk pertama kalinya, zona merah Covid-19 mencapai jumlah yang sama dengan awal perhitungan peta zonasi risiko pada 31 Mei 2020.

Demikian Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (19/1/2021). “Jumlah zona merah mencapai lebih dari 100, yaitu 108 kabupaten/kota. Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki risiko penularan Covid-19 yang sangat tinggi,” katanya.

Baca Juga: Bergejala Covid Meninggal karena Ditolak 10 Rumah Sakit, Ini Kata Satgas Covid-19 Kota Depok

Wiku mengatakan pada pekan ini, 52 kabupaten/kota berpindah dari zona oranye ke zona merah. Bahkan, sambung Wiku, ada 15 kabupaten/kota yang sebelumnya tidak pernah masuk zona merah kini berpindah ke zona risiko tinggi Covid-19. 

Di antaranya Madiun, Magetan, Ponorogo, dan Trenggalek di Jawa Timur. Kemudian Lampung Barat, Lampung Utara, dan Pringsewu di Lampung. Lalu Bima dan Dompu di Nusa Tenggara Barat. Selanjutnya, Manggarai Barat di Nusa Tengggara Timur. Serta Morowali Utara, Poso, Sigi, Tojo Una-Una, dan Toli-Toli di Sulawesi Tengah.

“Hal ini berarti perkembangan Covid-19 di indonesia terus mengalami perkembangan ke arah yang tidak diharapkan,” ujar Wiku.

Baca Juga: Waspada Penipuan Mengatasnamakan Satgas Covid-19, Modusnya Menakut-nakuti hingga Pemerasan

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:25
ANGKATAN UDARA ARAB SAUDI GELAR LATIHAN BERSAMA ANGKATAN UDARA AS   FACEBOOK DIDENDA RP 9,2 TRILIUN OLEH PENGADILAN NEGERI BAGIAN UTARA CALIFORNIA GARA-GARA FITUR "TAGGING"   PAUS FRANSISKUS AKAN MEMULAI KUNJUNGAN KEPAUSAN PERTAMANYA DI IRAK PADA JUMAT, 5 MARET 2021   PEMKOT PONTIANAK, KALBAR, BENTUK SATGAS UNTUK PENANGANAN KARHUTLA YANG TERJADI DALAM SEPEKAN TERAKHIR   KLHK: KUALITAS UDARA DI KOTA PONTIANAK, KALBAR, TIDAK SEHAT AKIBAT KARHUTLA   REL LAYANG JADI OPSI PEMKOT SOLO ATASI KEMACETAN DI PALANG JOGLO, NUSUKAN, BANJARSARI   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP KRL YOGYAKARTA-SOLO BISA TINGKATKAN SEKTOR PARIWISATA DAN BISNIS   DINKES KOTA BEKASI TELAH TERIMA 50.700 DOSIS VAKSIN COVID-19 UNTUK MELAKUKAN VAKSINASI TAHAP DUA   DINKES KOTA BEKASI PERTIMBANGKAN VAKSINASI COVID-19 TAHAP DUA DILAKUKAN SECARA MASSAL   SEBANYAK 1.400 PEDAGANG PASAR DI KOTA TANGERANG, BANTEN, TERIMA VAKSIN COVID-19   SEBANYAK 26.000 WARGA LANSIA DI KECAMATAN KEMBANGAN, JAKBAR, JADI TARGET PESERTA VAKSINASI COVID-19   MENTERI ATR/KEPALA BPN SOFYAN DJALIL: PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (PPAT) YANG TERLIBAT MAFIA TANAH AKAN DIPECAT   PLT GUBERNUR SULSEL ANDI SUDIRMAN SULAIMAN AKAN EVALUASI SEMUA PROYEK SETELAH NURDIN ABDULLAH DITANGKAP KPK   MENPAN DAN RB TJAHJO KUMOLO: TOTAL KEBUTUHAN ASN UNTUK 2021 SEBANYAK 1,3 JUTA ORANG