Kompas TV regional berita daerah

Efek Samping Vaksin Covid-19 Pada Nakes

Kompas.tv - 19 Januari 2021, 13:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Vaksinasi Covid-19 di Kota Solo, Jawa Tengah, sudah memasuki hari keempat. Dari data Dinas Kesehatan Kota Solo, tingkat vaksinasi di Solo cukup tinggi. Setidaknya sudah ada 1.240 orang yang sudah mendapatkan dosis pertama vaksin sinovac.

Dari jumlah tersebut, beberapa diantaranya mengalami kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI), dan biasa disebut mengalami efek samping, seperti nyeri, pusing, hingga mual. Dinas kesehatan tidak merinci jumlahnya, namun memastikan jika semua gejala ringan dan langsung ditangani dengan baik.

"Ada tapi alhamdulillah bisa kita tangani dengan baik, nyeri-nyeri, terus kemudian mual, kemudian ada yang pusing, ya kebanyakan nyerinya. Ada, tapi nyeri sama mual, yang pertama kan pusing sama nyeri, tapi sekecil apapun, seringan apapun, kan tetap harus kita amati, itu yang harus kita rekap, kita laporkan. Sekecil apapun karena nyeri ini termasuk juga kejadian ikutan pasca imunisasi" ujar Siti wahyuningsih Kadinkes Kota Solo.

Dinas kesehatan mengimbau semua tenaga kesehatan, untuk melakukan vaksinasi sesuai dengan jadwal yang sudah diterima. Kota Solo sendiri sudah dijadwalkan untuk vaksinasi dosis kedua pada awal bulan Februari nanti. Karena antara dosis pertama dan kedua, harus berjarak minimal 14 hari.

#VaksinSinovac #KotaSolo #Kipi

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x