Kompas TV internasional kompas dunia

Untuk Pengungsi Suriah di Yordania, Vaksin Covid-19 Adalah Anugerah dari Tuhan

Kompas.tv - 19 Januari 2021, 06:55 WIB
untuk-pengungsi-suriah-di-yordania-vaksin-covid-19-adalah-anugerah-dari-tuhan
Fatima Ali, 60 tahun, pengungsi Suriah dari Daraa yang mendapat suntikan vaksin Covid-19 dari Badan Pengungsi PBB UNHCR seperti dilaporkan AFP Selasa 19 Januari 2021 (Sumber: AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo

MAFRAQ, KOMPAS. TV - Menggulung lengan bajunya di dalam minibus yang diparkir di luar sebuah klinik di kota Mafraq, Yordania pada hari Senin, pengungsi Suriah Fatima Ali berlinang air mata kegembiraan saat dia menerima suntikan vaksin Covid-19, demikian dilansir dari AFP, Selasa (19/01/2021)

"Itu adalah hadiah dari Tuhan," kata nenek berusia 70 tahun itu.

Berasal dari Daraa di Suriah, Fatima Ali melarikan diri dari perang yang sedang berlangsung di negaranya tujuh tahun lalu bersama suami dan enam anaknya, mencari perlindungan di kamp pengungsi Zaatari di timur Mafraq.

Rumah bagi sekitar 80.000 pengungsi, kamp tersebut telah mencatat 1.992 infeksi virus Covid-19 baru sejak dimulainya pandemi, menurut badan pengungsi PBB UNHCR.

Baca Juga: Kondisi Anak-Anak Suriah yang Memburuk

“Hari ini, saya sangat senang karena baru saja diimunisasi terhadap penyakit yang membuat kami takut,” kata Fatima Ali, yang tinggal di dalam minibus untuk menerima suntikan karena dia tidak lagi mudah berjalan.

Suami Fatima Ali, Hussein Mohammad, yang menemaninya tetapi tidak akan menerima jab pada hari yang sama, memuji negara tuan rumah mereka.

"Kerajaan Yordania memperlakukan kami dengan murah hati dan tanpa membedakan kami dari warganya," katanya.

Juru bicara UNHCR di Yordania, Mohammad Hawari, mengatakan kepada AFP bahwa kerajaan Yordania adalah negara pertama yang memberi memvaksinasi, gratis, tidak hanya untuk warganya tetapi juga untuk pengungsi yang terdaftar di PBB.

24 pengungsi yang divaksinasi di klinik Mafraq Senin adalah lansia, karena Yordania memprioritaskan vaksinasi bagi mereka yang berusia di atas 60 tahun serta tenaga medis dan orang dengan kondisi kesehatan kronis.

Kerajaan telah melaporkan 315,544 kasus Covid-19 dan 4.153 kematian akibat penyakit tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x