Kompas TV nasional sosial

Cerita Miris Menag Yaqut Tentang Madrasah, dari Blank Spot Sampai Tak Ada Listrik

Selasa, 19 Januari 2021 | 05:05 WIB
cerita-miris-menag-yaqut-tentang-madrasah-dari-blank-spot-sampai-tak-ada-listrik
Proses belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mammeso di Dusun Bontotangga, Desa Bissoloro, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa. (sumber:Tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS.TV-Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diberlakukan selama pandemi, bagi siswa madrasah menyisakan kisah tersendiri. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, kondisi siswa madrasah kurang beruntung dibandingkan dengan para siswa pendidikan umum yang berada di bawah kementerian pendidikan dan Kebudayaan.

"Ada 13.793 madrasah yang blank spot. Mau dikasih pulsa berapapun nggak bisa kepake," katanya saat rapat kerja bersama Komisi VIII DPR di Komplek Parlemen, Senin (18/1/2021).   

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Madrasah Hentikan Tatap Muka

Bukan soal kawasan yang tak punya sinyal yang dihadapi madrasah, tapi juga soal ketersediaan listrik. "Ada 11.998 madrasah yang tidak atau belum teraliri listrik. Ini Indonesia di tahun 2021," ujarnya menambahkan.

Karena itu, Menag pun akan berusaha menghubungi pihak provider atau penyedia jasa layanan telekomunikasi agar persoalan blank spot bisa diatasi.

Baca Juga: Kembali Berada di Zona Merah, Madrasah Di Tegal Hentikan Pembelajaran Tatap Muka

Begitu pula dengan madrasah yang tidak ada litsrik, Menag akan segara menghubungi PLN. "Agar dapat afirmasi sehingga mendapatkan fasilitas PJJ yang diberikan pemerintah," ungkapnya.

Penulis : Iman Firdaus


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:35
AMERIKA SERIKAT DAN UNI EROPA TEGASKAN KRIMEA MILIK UKRAINA   SELAIN GUBERNUR SULSEL, KPK JUGA MENANGKAP 5 ORANG LAINNYA DALAM OPERASI TANGKAP TANGAN   GELAR OTT, KPK TANGKAP GUBERNUR SULAWESI SELATAN NURDIN ABDULLAH    BPBD GARUT: 109 RUMAH WARGA KAMPUNG CIPAGER, KECAMATAN CILAWU, TERDAMPAK LONGSOR   SEBANYAK 400 PRAJURIT BATALYON INFANTERI 742/SATYA WIRA YUDHA MELAKUKAN PENGAMANAN DI PERBATASAN RI-TIMOR LESTE   GUBERNUR SULTENG LONGKI DJANGGOLA MINTA WALI KOTA PALU DAN BUPATI SIGI YANG BARU TUNTASKAN TUGAS PASCABENCANA   AZERBAIJAN BERIKAN DONASI 50.000 DOLLAR AS UNTUK KORBAN GEMPA SULBAR LEWAT PMI   BMKG: WASPADA POTENSI BANJIR DI JAKARTA BAGIAN SELATAN   ARAB SAUDI TOLAK DOKUMEN INTELIJEN AS SOAL KETERLIBATAN PUTRA MAHKOTA DALAM PEMBUNUHAN JURNALIS JAMAL KHASHOGGI   AS JATUHKAN SANKSI KE PASUKAN HARIMAU ARAB SAUDI ATAS KETERLIBATAN DALAM PEMBUNUHAN JURNALIS JAMAL KHASHOGGI    SURIAH KUTUK KERAS SERANGAN UDARA AS DI WILAYAH DEIR AL-ZOR DEKAT PERBATASAN SURIAH-IRAK SEBAGAI TINDAKAN PENGECUT   FORMULA 1 ALAMI PENURUNAN PENDAPATAN RP 12,58 TRILIUN ATAU 43% DARI TAHUN SEBELUMNYA AKIBAT PANDEMI   BUPATI CIAMIS HERDIAT SUNARYA DAN WAKIL BUPATI CIAMIS YANA PUTRA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   KEMENKES: INFORMASI WARTAWAN TERKAPAR SETELAH VAKSINASI COVID-19 ADALAH HOAKS   

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcache' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: