Kompas TV internasional kompas dunia

Digigit Unta, Seorang Laki-Laki Dilarikan ke Rumah Sakit

Kompas.tv - 19 Januari 2021, 06:00 WIB
digigit-unta-seorang-laki-laki-dilarikan-ke-rumah-sakit
Ilustrasi Unta (Sumber: AP)
Penulis : Ahmad Zuhad

PERLEBERG, KOMPAS.TV - Seorang laki-laki berumur 54 tahun di bagian utara Jerman dibawa ke rumah sakit pada Senin (18/1/2021) Penyebabnya tak biasa. Seekor unta menggigit wajahnya.

Meski terdengar menggelikan, korban menderita luka serius karena gigitan hewan berpunuk itu,.

Korban adalah pekerja di Kebun Binatang Perleberg, yang terletak di antara Berlin dan Hamburg. Melansir dari Associated Press, kebun binatang itu sedang tutup sementara karena karantina wilayah ketat di Jerman untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Korban sedang membersihkan kandang dan memberi makan unta itu pada Senin pagi.

Mendadak unta itu berbalik menggigit wajah korban. Ia pun segera dibawa ke rumah sakit setempat setelah unta itu melepaskannya.

Kejadian seperti ini bukan cuma terjadi kali ini saja. Sebuah penelitian di Uni Emirat Arab menemukan 33 korban gigitan unta sepanjang Oktober 2001 hingga Oktober 2007.

Penelitian dalam situs ResearchGate itu menunjukkan 73 persen kejadian terjadi pada periode November-Maret ketika musim kawin unta. Sebagian besar korban juga mendapat gigitan di tubuh bagian atas.

Penelitian itu mencatat satu korban tewas. Laporan penelitian juga menulis gigitan unta juga biasanya menyebabkan luka parah.

Temuan itu sejalan dengan penelitian di India dalam National Journal of Maxillofacial Surgery. Gigitan unta memakan 20 korban. Lebih dari 60 persen korban mendapat luka di kepala dan leher. Area itu sering mendapat gigitan karena unta mudah menjangkaunya.

Jurnal itu juga menyebut hewan kalem ini bisa mendadak berubah tingkah saat musim kawin.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x