Kompas TV nasional hukum

FPI Sayangkan Komnas HAM Sebut Laskar Pengawal Rizieq Shihab Tertawa Saat Bentrok dengan Polisi

Kompas.tv - 18 Januari 2021, 21:52 WIB
fpi-sayangkan-komnas-ham-sebut-laskar-pengawal-rizieq-shihab-tertawa-saat-bentrok-dengan-polisi
Adegan penggeledahan para rekonstruksi kasus penembakan enam anggota FPI di rest area KM 50 tol Jakarta-Cikampek, Senin (14/12/2020) dini hari. (Sumber: KOMPAS.COM/FARIDA)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Pengacara Front Pembela Islam (FPI), Hariadi Nasution, menanggapi pernyataaan Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, yang menyebut ada anggota FPI tertawa saat terlibat bentrok dengan polisi dari Polda Metro Jaya pada Senin (7/12/2020).

Hariadi menyayangkan sikap Taufan yang menyebut bahwa ada anggota Laskar FPI pengawal Rizieq Shihab yang malah tertawa-tawa saat terjadi bentrok.

Menurut dia, kesimpulan tersebut hanya berdasarkan pada rekaman suara atau voice note, bukan berdasarkan fakta yang ada di lapangan.

Baca Juga: Komnas HAM: Insiden Tewasnya Laskar FPI Bukan Pelanggaran HAM Berat

"Ya itu kan terjadinya para laskar (FPI) yang mengalami, sementara ketua Komnas HAM itu kan dia enggak mengalami. Dia hanya dengar rekaman voice note dan menyimpulkan hal itu dari voice note," kata Hariadi dikutip dari Kompas.com, Senin (18/1/2021).

"Itu sangat-sangat disayangkan sekali, masa sekelas Komnas HAM menyimpulkan dari voice note itu laskar FPI ketawa-ketawa."

Terkait adanya laskar FPI yang tertawa-tawa pada saat bentrok, menurut Hariadi, itu karena usaha laskar FPI untuk tetap tenang dalam menjaga pimpinannya Rizieq Shihab.

Ia merasa heran dengan kesimpulan Komnas HAM yang menyebut suasana bentrok tersebut tidak mencekam hanya berdasarkan voice note.

Baca Juga: Bongkar Laporan Komnas HAM Soal Kasus Tewasnya 6 Laskar FPI, Mahfud MD: Ada Komando Pepet dan Tabrak

"Itu kan kejadiannya pagi menjelang subuh ya, kalau posisi tegang, apalagi statusnya laskar," ucap Hariadi.

Menurut Hariadi, kalau memang tidak tegang seharusnya tidak ada Laskar FPI yang meninggal dunia. Namun, faktanya justru sebaliknya.

"Kenapa dengan voice note saja dia bisa menyimpulkan suasana itu enggak tegang, enggak mencekam, jadi enggak ada yang meninggal dong," ujar Hariadi.

"Mencekam lah itu sudah pasti, berapa peluru ke dalam tubuh setiap mantan laskar itu coba."

Baca Juga: Rekening FPI yang Diblokir Bertambah Banyak, PPATK: Kalau Uangnya Masih Beredar Aneh juga



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.