Kompas TV nasional peristiwa

Kompolnas Beberkan Mekanisme Komjen Listyo Sigit Jadi Calon Kapolri

Kompas.tv - 18 Januari 2021, 17:19 WIB
kompolnas-beberkan-mekanisme-komjen-listyo-sigit-jadi-calon-kapolri
Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) melakukan tiga kali “Focus Group Discussion” untuk meminta masukan masyarakat sebelum mengusulkan 5 nama calon Kapolri kepada Presiden Jokowi.

Demikian Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto mengatakan dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komisi III, Senin (18/1/2021). “Pertama “FDG” dengan anggota Polri aktif dari Angkatan 1989-1995 karena mereka yang akan dipimpin nanti. Kedua dengan perwakilan masyarakat, tokoh masyarakat, LSM, akademisi, dan tokoh agama. Lalu, “FDG” ketiga dengan para purnawirawan, mantan Kapolri dan Wakapolri yang tergabung dalam Persatuan Purnawirawan Polri,” jelas Benny Mamoto.

Baca Juga: Tito Karnavian dan Komjen Listyo Sigit Rahasiakan Ini untuk Polri

Dari hasil FDG, sambung Benny, disusun kriteria Kapolri yang menjadi harapan masyarakat. Kemudian didata, anggota Polri aktif bintang tiga atau berpangkat Komjen untuk seleksi sebagai calon Kapolri. Termasuk, dengan rekam jejak dari nama-nama yang akan direkomendasi sebagai calon Kapolri ke Presiden Jokowi.

“Kami mulai seleksi, yang masa dinasnya kurang dari dua tahun kami “drop”, dua tahun lebih (masa dinas), kami masukan. Berarti sudah berkurang banyak,” jelasnya.

Dari seleksi ini, Kompolnas kemudian mendapatkan lima nama yaitu Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafly Amar. Kemudian Kepala Bareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Agus Andrianto.

Baca Juga: 7 Catatan LPSK untuk Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit: Sebaiknya Mencontoh KSAD Andika Perkasa

Selanjutnya, Kompolnas melakukan analisis kekuatan, kelebihan, kelemahan, potensi, dan peluang masing-masing untuk posisi calon Kapolri. Dalam hal ini, kata Benny, Kompolnas juga mendengarkan masukkan soal kepribadian lima nama calon Kapolri yang diajukan kepada presiden dari mantan anak buah dan teman-teman.

Dari lima nama yang diajukan Kompolnas, Presiden Jokowi memilih Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x