Kompas TV feature solusi sehat

Mengenal Apa Itu Maskne dan Cara Mencegahnya

Kompas.tv - 18 Januari 2021, 16:56 WIB
mengenal-apa-itu-maskne-dan-cara-mencegahnya
Ilustrasi masker yang digunakan oleh orang-orang di tengah keramaian (Sumber: tribunnews)
Penulis : Gempita Surya | Editor : Eddward S Kennedy

SOLO, KOMPAS.TV - Memakai masker merupakan salah satu langkah yang diterapkan masyarakat untuk mencegah penularan virus di tengah pandemi. Namun, penggunaan masker ternyata dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Jerawat yang muncul akibat penggunaan masker dikenal dengan istilah "maskne", perpaduan dari "mask" atau masker, dan "acne" atau jerawat.

Kondisi ini diakibatkan oleh tekanan, gesekan dengan kulit, hawa panas, dan kondisi lembap di sekitar area wajah yang tertutup masker.

Sebuah penelitian dalam Journal of American Academy of Dermatology melaporkan, setidaknya 83 persen petugas kesehatan di Hubei, China, mengalami masalah kulit di wajah. Tetapi, kondisi ini juga dialami oleh masyarakat umum yang menggunakan masker dalam beraktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Cegah Corona dengan Jaga Jarak, Cuci Tangan dan Bermasker

Ada beragam cara untuk menghindari timbulnya jerawat akibat penggunaan masker, di antaranya:

1. Pilih jenis masker yang tepat

Salah satu cara untuk mencegah munculnya jerawat adalah dengan memilih jenis masker yang tepat.

Ahli kesehatan menyarankan agar memilih jenis masker yang terbuat dari 100 persen kapas atau kain katun. Hal ini dimaksudkan agar kulit dapat bernapas ketika memakai masker.

2. Menjaga kebersihan masker

Direkomendasikan untuk menggunakan masker maksimal hanya 4 jam. Segera ganti masker jika sudah terasa lembap dan tidak nyaman. Selain itu, cuci masker kain hingga benar-benar bersih sebelum dan setelah digunakan.

Baca Juga: Masker Bedah Eefektif Digunakan di Masa Pandemi, Bagaimana dengan Masker Kain?

3. Rajin membersihkan wajah

Setelah beraktivitas di luar rumah menggunakan masker, bersihkan wajah dengan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Hal ini dapat membantu mengangkat kotoran dan minyak yang bisa memicu munculnya jerawat.

Jika terlanjur mengalami maskne, dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter kulit agar mendapatkan langkah perawatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan kulit wajah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x