Kompas TV nasional politik

Hari Ini Dimulai Rangkaian Fit and Proper Test Calon Tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo

Kompas.tv - 18 Januari 2021, 06:20 WIB
hari-ini-dimulai-rangkaian-fit-and-proper-test-calon-tunggal-kapolri-komjen-listyo-sigit-prabowo
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo foto bersama dengan sejumlah mantan Kapolri saat menyambangi mereka dalam sebuah pertemuan, Sabtu (16/1/2021). (Sumber: Dokumentasi Divisi Humas Polri)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi III DPR Herman Hery menjelaskan, rangkaian uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis akan dimulai hari ini, Senin (18/1/2021).

Baca Juga: Awal Pekan Depan, Calon Tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan

Hal itu sebagaimana disampaikan Herman Hery usai rapat internal Komisi III, Rabu (13/1/2021) lalu.

Herman mengatakan, rangkaian uji kelayakan dan kepatutan akan digelar pada Senin, 18 Januari 2021.

"Berikutnya hari Senin calon akan diundang ke sini untuk membuat makalah, 1-2 jam pembuatan makalah itu, lalu hari Selasa akan dilakukan fit and proper test," tutur Herman.

Herman melanjutkan, uji kelayakan dan kepatutan pada Selasa mendatang akan dimulai pukul 10.00 WIB dengan dua sesi pagi dan siang. 

Berdasarkan hal tersebut, ia berharap, setelah uji dilakukan, Komisi III dapat segera membuat keputusan menolak atau menerima calon Kapolri yang diajukan Presiden Jokowi. 

"Kami harapkan di hari Selasa itu, sore harinya sudah bisa komisi III rapat untuk membuat keputusan menolak atau menerima calon yang diajukan oleh presiden," kata Herman.

Sebagaimana diketahui, akhirnya Presiden Jokowi menyampaikan usulan nama calon tunggal Kapolri ke DPR RI, Rabu (13/1/2021). 

Baca Juga: Pengamat Intelijen: Ada 3 Kelompok yang Menolak Listyo Sigit Jadi Kapolri, Terakhir Paling Berbahaya

Teka-teki ini terjawab bahwa nama Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo dipilih sebagai calon tunggal Kapolri.
 
Komjen Listyo saat ini menjabat sebagai Kepala Bareskrim Mabes Polri. 

"Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri dengan nama tunggal yaitu Bapak Drs Listyo Sigit Prabowo MSi yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," kata Ketua DPR Puan Maharani dalam konferensi pers di Gedung DPR.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x