Kompas TV olahraga kompas sport

Piala AFC U-19 dan AFC U-16 Dibatalkan, Ini Respon Dua Pelatih Timnas Indonesia

Kompas.tv - 17 Januari 2021, 19:47 WIB
piala-afc-u-19-dan-afc-u-16-dibatalkan-ini-respon-dua-pelatih-timnas-indonesia
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memimpin pasukannya berlatih di Spanyol, baru-baru ini. (Sumber: pssi.org)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 Shin Tae-yong dan Bima Sakti yang menangani Timnas U-16 langsung angkat bicara perihal tidak jadi digelarnya even Piala AFC U-19 dan AFC U-16 pada tahun 2020 ini.

Sebagaimana diketahui Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi membatalkan Piala AFC U-19 dan AFC U-16 2020. Kepastian ini usai AFC mengirimkan surat resmi kepada PSSI pada 15 Januari 2021 lalu.

Pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong (STY) mengatakan bahwa sebagai pelatih menerima keputusan AFC tersebut . Apalagi saat ini pandemi Covid-19 masih tinggi di hampir seluruh negara dimana hal itu menjadi alasan AFC membatalkan dua even tersebut.

Baca Juga: Shin Tae-yong: "Saya Harap Kompetisi Liga 1 dan 2 Bisa Segera Bergulir Kembali"

“Kami (tim) sudah melakukan persiapan selama satu tahun dengan dukungan luar biasa dari PSSI. Sayang Piala Dunia U-20 dan Piala AFC U-19 harus batal. Para pemain sudah menunjukkan perkembangan yang baik dan hasil yang maksimal,” kata Shin Tae-yong seperti dikutip dari pssi.org, Minggu (17/1/2021).

Meski even itu dibatalkan, STY meminta anak asuhnya untuk tetap menjaga semangat yang ada.

“Kepada pemain kami harap tetap semangat, bekerja keras dan terus berikan hasil yang maksimal saat latihan maupun bertanding. Karena karier mereka masih panjang dan banyak turnamen atau kompetisi yang akan diikuti,” jelas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Baca Juga: Shin Tae-yong Bikin Akun Instagram, Netizen Langsung Serbu Kolom Komentarnya

Senada diutarakan juga PelatihTimnas U-16, Bima Sakti yang baginya akan mengambil hikmah atas pembatalan ajang Piala Dunia U-17 dan AFC U-16 ini.

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti memberikan instruksi ke para pemainnya. (Sumber: pssi.org)

Mantan kapten Timnas Indonesia itu menyebut apa yang dilakukan pemain tidak sia-sia.

“Ini sudah menjadi keputusan FIFA dan AFC. Sejak setahun lebih, kami menjalani pemusatan latihan serta uji coba internasional, saya yakin ada manfaatnya dikemudian hari nanti. Tim ini punya prospek yang bagus dan masa depan yang cerah untuk timnas kelompok usia selanjutnya” sambung Bima Sakti.

Sebelumnya Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan PSSI menghormati keputusan ini. “PSSI akan tunduk dan patuh terhadap apapun keputusan dari AFC. Penundaan ini membuat kita punya waktu yang panjang untuk mempersiapkan generasi selanjutnya Timnas U-16 dan U-19,” kata Iriawan.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-16 Kalah dari UEA, Bima Sakti Malah Melihat Adanya Peningkatan

“Pembatalan sejumlah ajang tersebut bukan akhir bagi pemain Timnas U-19 dan Timnas U-16. Karena mereka bisa juga akan naik level ke kelompok umur selanjutnya. Untuk itu pemain harus selalu kerja keras, disiplin, dan selalu memberikan hasil yang maksimal,” tambah pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut.

Seperti diketahui, sebelumnya FIFA juga membatalkan Piala Dunia FIFA U-20™ tahun 2021 dan Piala Dunia FIFA U-17™ pada tahun yang sama.

Baca Juga: Ketum PSSI Senang AFC U-16 dan U-19 Tahun 2021 Batal Digelar, Mengapa?

Dua event ini akan dijadwalkan FIFA pada tahun 2023 mendatang dimana Indonesia dan Peru tetap masih sebagai tuan rumah masing-masing ajang bergengsi tersebut.

Sedangkan awalnya AFC merencanakan Piala AFC U-19 2020 dihelat bulan Maret 2021 di Uzbekistan. Sementara untuk Piala AFC U-16 2020 digelar di Bahrain pada April 2021.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x