Kompas TV kolom opini

Pasar Tradisional sebagai Jantung Perekonomian Lower Class

Minggu, 17 Januari 2021 | 07:25 WIB
pasar-tradisional-sebagai-jantung-perekonomian-lower-class
Pasar Tradisional (Sumber: Kompas.com)

Oleh: Ubaidillah Amin, Wakil ketua PP LAZISNU (NU Care)

Pandemi Covid 19 ini sudah hampir satu tahun menghantui Indonesia. Hingga saat ini pada 16 Januari 2020 kasus positif Covid mencapai 896.642 mendekati satu juta, dengan kasus aktif mencapai 143.517 orang.

Bayangkan, dampaknya tidak hanya dirasakan oleh pemerintah saja melainkan masyarakat yang paling banyak menjadi sasaran virus berbahaya ini, hingga per hari ini juga total keseluruhan korban jiwa sebanyak 25.767.  

Dampak terbesarnya adalah perputaran perekonomian yang cenderung stagnan bahkan menurun. Pemerintah sendiri sampai kewalahan mengatur pola keuangan negara hingga akhirnya kebobolan resesi berkali-kali.

Berbicara ekonomi di tengah pandemi ini adalah bagaimana masyarakat terus menjalani aktivitas perekonomian dengan aman dan terus produktif, yaitu selain disiplin menerapkan protokol kesehatan juga dituntut menciptakan keterampilan dan inovasi dalam berwirausaha, apalagi di tengah kehimpitan ekonomi saat ini.  

Salah satu yang mengalami disrupsi akibat Covid ini yaitu peralihan praktik ekonomi dari offline ke online. Tujuan utamanya meminimalisir terjadinya kontak langsung antara pembeli dan penjual.

Tetapi tidak semua lapangan ekonomi mengalami disrupsi ini, salah satu contoh pasar tradisional yang sampai ini eksis dengan pola kontak langsungnya, dan ini yang menjadi kekhawatiran timbulnya klaster Covid.

Penulis : Hariyanto Kurniawan


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:41
KAROPENMAS HUMAS POLRI: 59 DARI 62 KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 TELAH TERIDENTIFIKASI   DISHUB DKI JAKARTA: KENDARAAN YANG TAK LULUS UJI EMISI AKAN DIKENAKAN TARIF PARKIR TERTINGGI   KETUA MAJELIS PERTIMBANGAN KARANG TARUNA GIBRAN RAKABUMING RAKA MINTA KARANG TARUNA DUKUNG VAKSINASI COVID-19   DUKUNG PENERAPAN TILANG ELEKTRONIK, POLDA JATENG PASANG KAMERA DI HELM POLANTAS   KEMENAKER DORONG DUNIA USAHA SEGERA BUAT STRUKTUR DAN SKALA UPAH SESUAI DENGAN PERATURAN PENGUPAHAN TERBARU   KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN AKSELERASI PENGEMBANGAN KENDARAAN LISTRIK BERBASIS BATERAI   WAPRES MA'RUF AMIN SEBUT GENOSE MERUPAKAN INOVASI ANAK BANGSA YANG HARUS DIDUKUNG   TIM DVI POLRI TUTUP IDENTIFIKASI KORBAN PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182, 3 ORANG BELUM TERIDENTIFIKASI   BEKERJA SAMA DENGAN KPU, MENKES HARAP MASYARAKAT BISA RASAKAN PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS DATA   KPU DAN KEMENKES TANDA TANGANI MOU SOAL AKSES DATA UNTUK VAKSINASI COVID-19   KPU SIAP BEKERJA SAMA DENGAN INSTANSI YANG MEMBUTUHKAN DATA PEMILIH   SATGAS: TEMUAN KASUS COVID-19 DARI MUTASI VIRUS CORONA B.1.1.7 ASAL INGGRIS AKAN DITELUSURI LEBIH LANJUT   KETUA DPD MINTA PEMDA HADIRKAN KEBIJAKAN INOVATIF DI SEKTOR EKONOMI AGAR PROSES PEMULIHAN DARI PANDEMI LEBIH CEPAT   KETUA DPD MINTA PEMDA HADIRKAN KEBIJAKAN INOVATIF DI SEKTOR EKONOMI AGAR PROSES PEMULIHAN DARI PANDEMI LEBIH CEPAT