Kompas TV nasional peristiwa

Panglima TNI Kirim Kapal Rumah Sakit KRI dr Soeharso Bantu Korban Gempa Sulbar

Kompas.tv - 16 Januari 2021, 20:06 WIB
panglima-tni-kirim-kapal-rumah-sakit-kri-dr-soeharso-bantu-korban-gempa-sulbar
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengunjungi Posko pengungsian korban bencana gempa di Kantor Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu (16/1/2021). (Sumber: Puspen TNI)
Penulis : Johannes Mangihot

MAMUJU, KOMPAS.TV – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengunjungi Posko pengungsian korban bencana gempa di Kantor Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu (16/1/2021).

Dalam kunjungan tersebut Panglima TNI juga menyerahkan bantuan 10.000 Paket Sembako dari Presiden Joko Widodo untuk masyarakat yang terdampak gempa magnitudo 6,2 di Majene dan Mamuju Sulbar.

Hadi menjelaskan TNI sudah diterjunkan untuk melakukan tanggap darurat pasca-gempa. Mulai dari evakuasi hingga posko pelayanan kesehatan.

Baca Juga: TNI Siapkan Helikopter untuk Bantu Evakuasi dan Cari Korban Hilang Bencana Banjir Kalsel

Dalam penanganan pasca-gempa TNI, sambung Hadi, akan mengirimkan rumah sakit terapung KRI dr Soeharso untuk mambantu korban gampa.

“Dalam beberapa hari nanti akan kita hadirkan KRI  dr Soeharso, kebetulan saya lihat Lanal kondisinya bagus tidak ada kerusakan. Bagi korban patah tulang, termasuk korban-korban akibat yang lain bisa dirawat atau dioperasi apabila perlu di KRI Soeharso,” ujar Hadi.

Hadi juga menekankan kepada jajaran, untuk memperhatikan sistem distribusi kebutuhan pokok bagi para korban. Mulai dari datangnya bantuan hingga diberikan ke masyarkat. Ia menginginkan aparat TNI-Polri dapat mengawal proses distribusi hingga ke masyarkat.

Selain itu mengawal distribusi logistik, Hadi menginstruksikan Pangdam, Danrem untuk menggerakan anggota membersihkan puing-puing bangunan yang roboh akibat guncangan gempa Sulbar.

Baca Juga: Update Gempa Sulawesi Barat, Korban Tewas Berjumlah 46 Orang

“Semoga tidak terlalu lama kita bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di Mamuju ini dengan baik dan aktifitas perekonomian di Mamuju juga bisa berjalan dengan baik,” ujar Panglima TNI.

Kegiatan dilanjutkan Panglima TNI dan rombongan meninjau RSUD Sulawesi Barat yang saat ini banyak menampung korban gempa.

Di tempat ini Panglima TNI berdialog langsung dengan beberapa tenaga medis dan meninjau tenda-tenda darurat tempat perawatan korban.

Setelah dari RSUD Sulawesi Barat, Panglima TNI mengunjungi Stadion Manakara untuk berdialog dengan korban gempa.

Baca Juga: Jalur Majene-Mamuju Dipulihkan setelah Putus Akibat Gempa

Panglima TNI juga membawa bantuan berupa, 7 Unit Tenda TNI, 1200 Tikar Plastik, 1000 selimut, 1000 dus mie instan, 2000 sarung, 100.000 masker medis, 170 box obat obatan, 432 box vitamin dan 300 dus air mineral botol.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.