Kompas TV nasional update corona

Vaksin Corona Sinovac Boleh Digunakan Padahal Uji Klinis Fase III Belum Selesai, Ini Kata BPOM

Sabtu, 16 Januari 2021 | 19:10 WIB
vaksin-corona-sinovac-boleh-digunakan-padahal-uji-klinis-fase-iii-belum-selesai-ini-kata-bpom
Ilustrasi: Penggunaan darurat vaksin corona yang diproduksi oleh China Sinovac Biotech Ltd. (Sumber: Foto AP/Emrah Gurel, File)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) angkat bicara menjelaskan alasan uji klinis fase III vaksin corona dari Sinovac belum selesai namun Emergency use authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat sudah diterbitkan.

Kepala BPOM Penny K. Lukito mengatakan bahwa EUA diterbitkan lantaran kondisi darurat.

"Vaksin sudah diizinkan padahal uji klinik belum selesai, nah itu karena ada persetujuan, emergency use authorization. Itu bisa kita keluarkan di mana situasi darurat dan sudah ada deklarasai situasi darurat," ujarnya dalam webinar Ikatan Alumni ITB sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Sabtu (16/1/2021).

Baca Juga: Berapa Lama Vaksin Sinovac Melindungi Tubuh dari Virus Corona, Ini Penjelasan BPOM

Ia menjelaskan, meski uji klinis fase III vaksin Sinovac belum rampung, namun vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi asal China ini sudah memiliki bukti ilmiah yang cukup untuk digunakan.

Menurutnya, vaksin ini juga sudah memiliki mutu yang bisa dipertanggungjawabkan.

Penny menyatakan, dengan penerbitan EUA dan vaksinasi bisa segera dilakukan, itu merupakan langkah yang lebih baik karena manfaat yang didapat lebih besar, ketimbang risiko apabila tidak ada vaksinasi.

Penulis : Fadhilah


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:09
BNPB CATAT PER 1 MARET 2021 SUDAH TERJADI 657 BENCANA DI INDONESIA   MENTERI PUPR BASUKI HADIMULJONO TARGETKAN 30.000 RUMAH NON-SUBSIDI DAPAT INSENTIF PPN   MENTERI KP SAKTI WAHYU TRENGGONO: JAMINAN MUTU EKSPOR PERIKANAN PENTING DI PASAR DUNIA   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN TARGETKAN PENGEMBANGAN 25 KAMPUNG NELAYAN PADA 2021   WAGUB DKI SEBUT PENJUALAN SAHAM PERUSAHAAN BIR PT DELTA DJAKARTA TERKENDALA PERSETUJUAN DARI DPRD DKI JAKARTA   KEPALA BNPB DONI MONARDO AJAK PENYINTAS COVID-19 JADI PENDONOR PLASMA KONVALESEN   PT ANGKASA PURA II PERSIAPKAN PENGGUNAAN ALAT GENOSE DI BANDARA SOEKARNO-HATTA   KEMENTERIAN KESEHATAN GANDENG HALODOC SIAPKAN VAKSINASI "DRIVE THRU" UNTUK LANSIA   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO OPTIMISTIS VAKSINASI BANGKITKAN PARIWISATA INDONESIA   JENNIFER JILL DIREHAB, POLISI PASTIKAN PROSES HUKUM TETAP BERJALAN   LEMBAGA EIJKMAN: PENDONOR PLASMA KONVALESEN TAK AKAN ALAMI EFEK SAMPING   KPU SIAPKAN DATA PEMILIH PEMILU 2019 DAN PILKADA 2020 UNTUK VAKSINASI COVID-19   DINKES DKI: DATA KASUS COVID-19 YANG SEMPAT TERTUNDA AKIBAT PERBAIKAN KONEKSI SISTEM KEMENKES SUDAH OTOMATIS MASUK   DINAS KESEHATAN PADANG TARGETKAN 700.000 WARGA MENERIMA VAKSIN COVID-19