Kompas TV internasional kompas dunia

Trump Tinggalkan Gedung Putih Pagi Sebelum Pelantikan Joe Biden

Kompas.tv - 16 Januari 2021, 00:58 WIB
trump-tinggalkan-gedung-putih-pagi-sebelum-pelantikan-joe-biden
Presiden Donald Trump berbicara kepada media sebelum menaiki Marine One di South Lawn Gedung Putih, Selasa, 12 Januari 2021 di Washington. Dia akan meninggalkan gedung putih menuju Florida beberapa saat sebelum Joe Biden dilantik. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo

WASHINGTON, KOMPAS TV — Presiden Amerika Serikat petahana Donald Trump akan meninggalkan gedung putih Rabu pagi (20/01/2021) sebelum presiden terpilih Joe Biden dilantik menjadi presiden baru Amerika Serikat, dan akan memulai lembaran baru hidupnya sebagai bekas presiden di Florida, demikian dilansir Associated Press (16/01/2021

Trump dilaporkan akan dilepas dengan upacara pelepasan di pangkalan udara Andrews, dimana pejabat di gedung putih sedang mempertimbangkan acara agak besar yang akan mirip kunjungan kenegaraan seperti karpet merah, pasukan warna-warni, drum band militer, dan tembakan meriam 21 kali. 

Baca Juga: Bos Twitter Dukung Pembekuan Akun Donald Trump, Akui Gagal Promosikan Percakapan Sehat

Sebelumnya Trump sudah menyatakan tidak akan datang ke pelantikan Joe Biden, setelah berbulan-bulan melancarkan tudingan kecurangan pemilu untuk mendelegitimasi kepresidenan Joe Biden. Sementara, wakil presiden saat ini, Mike Pence, sudah menyatakan akan hadir bersama istri dan keluarga. 

Trump akan pergi dari Washington DC dua minggu setelah dia menyulut pemberontakan yang diwarnai kekerasan saat pendukungnya menyerbu dan menduduki gedung parlemen, atau Gedung Capitol, dalam upaya menggagalkan pengesahan penghitungan suara negara bagian oleh Kongres AS. 

Trump diperkirakan akan berada di Florida dengan sekelompok kecil pembantunya, saat dia menimbang-nimbang masa depannya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x