Kompas TV nasional peristiwa

Bantu Korban Gempa Majene, TNI AU Siagakan Ini

Jumat, 15 Januari 2021 | 16:51 WIB
bantu-korban-gempa-majene-tni-au-siagakan-ini
Bangunan rusak akibat gempa di Sulawesi Barat, Jumat, 15 Januari 2021. (Sumber: Tribunnews.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto instruksikan TNI Angkatan Udara membantu korban gempa di Majene, Sulbar. Sesuai intruksi Panglima TNI, KASAU Marsekal Fadjar Prasetyo perintahkan jajarannya memberangkatkan Boeing 737 dari Skadron Udara 5 Lanud Hasanuddin ke Majene, Sulawesi Barat.

Demikian Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang B mengatakan di Jakarta, Jumat (15/1/2021). “(Pesawat yang diberangkatkan dilakukan untuk) memastikan situasi dan kondisi daerah yang terdampak bencana alam dan mengalami kerusakan dari udara,” katanya.

Baca Juga: Antisipasi Gempa Susulan, Pemprov Sulbar Pusatkan Pengungsi di Stadion Mamuju

Selain itu, Indan mengatakan TNI AU juga memberikan dukungan Search dan Rescue (SAR). Mulai dari evakuasi hingga bantuan logistik kepada warga masyarakat yang terdampak bencana.

“TNI AU juga menyiagakan pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 33 Lanud HND dan Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, pesawat CN 295 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, dan satu pesawat Helikopter Super Puma NAS-332 dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja standby SAR Lanud Sultan Hasanuddin,” jelasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Segera Lakukan Tanggap Darurat untuk Temukan Korban Gempa Sulbar

Sebelumnya, Presiden Jokowi memerintahkan kepada Kepala BNPB Doni Monardo, Mensos Tri Rismaharini, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis beserta jajaranya untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:22
SEJUMLAH LANSIA KELUHKAN ANTREAN SAAT HARI PERTAMA VAKSINASI COVID-19 DI MAL LIPPO PURI KEMBANGAN, JAKBAR   BPOM: TAK SEMUA VAKSIN COVID-19 DAPAT IZIN PENGGUNAAN DARURAT MELAINKAN HARUS MELAKUKAN UJI KLINIS DI INDONESIA    BPOM TELAH TERBITKAN IZIN PENGGUNAAN DARURAT VAKSIN COVID-19 ASTRAZENECA PADA 22 FEBRUARI 2021    KEPALA BPOM PENNY LUKITO SEBUT VAKSIN COVID-19 ASTRAZENECA BISA DIBERIKAN KEPADA KELOMPOK LANSIA   BPOM: SEJUMLAH NEGARA BERPOPULASI MUSLIM JUGA IZINKAN PENGGUNAAN DARURAT VAKSIN ASTRAZENECA   BPOM: UJI KLINIS VAKSIN ASTRAZENECA TERHADAP 23.745 SUBYEK AMAN DAN DAPAT DITOLERANSI DENGAN BAIK   WALI KOTA TANGERANG ARIEF WISMANSYAH: ADA SEKITAR 250 LANSIA YANG DITARGETKAN MENERIMA VAKSIN HARI INI   KPK SEBUT PENGADAAN TANAH DI MUNJUL, CIPAYUNG, JAKTIM, YANG SEDANG DIUSUT BELUM ADA PERUNTUKANNYA   MENKUMHAM YASONNA LAOLY TEGASKAN KEMENKUMHAM AKAN BERSIKAP OBYEKTIF DALAM TANGANI KISRUH PARTAI DEMOKRAT   REVISI UU ITE TAK MASUK DALAM DAFTAR PROLEGNAS PRIORITAS 2021 YANG DISEPAKATI PEMERINTAH, DPR, DAN DPD    BALEG DPR MENETAPKAN 33 RUU DALAM PROLEGNAS PRIORITAS 2021   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO DORONG 244 DESA WISATA BERKEMBANG MENJADI UNICORN   SUDIN LINGKUNGAN HIDUP JAKSEL GENCARKAN UJI EMISI KENDARAAN BERMOTOR SECARA GRATIS   PEMERINTAH SIAPKAN JAMINAN KEAMANAN UNTUK PENYELENGGARAAN PON DAN PEPARNAS 2021 DI PAPUA