Kompas TV klik360 cerita indonesia

Majene Sulawesi Barat Diguncang Gempa 6,2 SR, Ini Penjelasan BKMG

Jumat, 15 Januari 2021 | 13:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dua gempa bumi dengan magnitudo 5,9 SR dan 6,2 SR mengguncang wilayah Majene, Sulawesi Barat.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa gempa di Majene, Sulawesi Barat tergolong gempa dangkal. Pusat Gempa berada pada kedalaman 10 KM.

"Ini gempa dangkal yang tentunya karena magnitudonya besar, juga sangat dirasakan di permukaan.

Dengan memperhatikan lokasi episenter, dan kedalaman hiposenternya atau kedalaman pusat gempanya, kita kategorikan gempa dangkal," kata Dwi dalam konferensi pers virtual, Jumat, (15/1/2021).i

Menurut Dwi, gempa besar di Majene terjadi dua kali. Pada Kamis pukul 12.00 Wib waktu setempat, gempa terjadi dengan kekuatan 5,9 magnitudo.

12 jam kemudian atau tepatnya Jumat dini hari pukul 01.28 waktu setempat gempa dengan kekuatan lebih besar kembali mengguncang Majene yakni 6,2 magnitudo.

"Episenternya sama, hampir sama pada jarak kurang lebih 6 km arah timur laut Majene, Sulawesi Barat," katanya.

Menurut Dwi guncangan gempa terjadi di sejumlah wilayah dengan kekuatan beragam.

Di Majene dan mamuju kekuatannya 4-6 MMI.

"Artinya guncangan dengan angka tersebut sangat dirasakan oleh banyak orang dan bahkan apabila ada cerobong ada bagian dari bangunan bisa roboh," katanya.

Selain itu gempa juga dirasakan di Palu, Mamuju Tengah, Mamuju Utara dan Mamasa dengan intensitas mencapai 3 sampai 4 MMI. Guncangan gempa hampir dirasakan semua penduduk.

"Getarannya terasa seperti adanya truk yang berlalu," pungkasnya.

Penulis : Laura Elvina


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:51
ANGKATAN UDARA ARAB SAUDI GELAR LATIHAN BERSAMA ANGKATAN UDARA AS   FACEBOOK DIDENDA RP 9,2 TRILIUN OLEH PENGADILAN NEGERI BAGIAN UTARA CALIFORNIA GARA-GARA FITUR "TAGGING"   PAUS FRANSISKUS AKAN MEMULAI KUNJUNGAN KEPAUSAN PERTAMANYA DI IRAK PADA JUMAT, 5 MARET 2021   PEMKOT PONTIANAK, KALBAR, BENTUK SATGAS UNTUK PENANGANAN KARHUTLA YANG TERJADI DALAM SEPEKAN TERAKHIR   KLHK: KUALITAS UDARA DI KOTA PONTIANAK, KALBAR, TIDAK SEHAT AKIBAT KARHUTLA   REL LAYANG JADI OPSI PEMKOT SOLO ATASI KEMACETAN DI PALANG JOGLO, NUSUKAN, BANJARSARI   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP KRL YOGYAKARTA-SOLO BISA TINGKATKAN SEKTOR PARIWISATA DAN BISNIS   DINKES KOTA BEKASI TELAH TERIMA 50.700 DOSIS VAKSIN COVID-19 UNTUK MELAKUKAN VAKSINASI TAHAP DUA   DINKES KOTA BEKASI PERTIMBANGKAN VAKSINASI COVID-19 TAHAP DUA DILAKUKAN SECARA MASSAL   SEBANYAK 1.400 PEDAGANG PASAR DI KOTA TANGERANG, BANTEN, TERIMA VAKSIN COVID-19   SEBANYAK 26.000 WARGA LANSIA DI KECAMATAN KEMBANGAN, JAKBAR, JADI TARGET PESERTA VAKSINASI COVID-19   MENTERI ATR/KEPALA BPN SOFYAN DJALIL: PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (PPAT) YANG TERLIBAT MAFIA TANAH AKAN DIPECAT   PLT GUBERNUR SULSEL ANDI SUDIRMAN SULAIMAN AKAN EVALUASI SEMUA PROYEK SETELAH NURDIN ABDULLAH DITANGKAP KPK   MENPAN DAN RB TJAHJO KUMOLO: TOTAL KEBUTUHAN ASN UNTUK 2021 SEBANYAK 1,3 JUTA ORANG