Kompas TV bisnis kompas bisnis

Efektivitas Vaksin Covid-19 untuk Ekonomi Indonesia

Kompas.tv - 15 Januari 2021, 11:30 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Meski ada vaksin, masyarakat tentu tetap harus waspada dan menjalankan 3 M. Namun sektor wisata dan ekonomi amat berharap vaksin ini bisa membuat industri mereka membaik.

Industri pariwsata jadi sektor yang cukup terpukul saat pandemi. 

Tingkat keterisian di salah satu hotel di Lubuklinggau, Sumatera Selatan dihitung rata-rata sejak pandemi muncul, hanya mencapai 20 persen.

Perbaikan kini bergantung pada disiplin masyarakat, penanganan covid-19, dan efektivitas vaksin.
 
Data Badan Pusat Statistik, BPS menunjukkan, tingkat hunian di bulan november sudah membaik, meski belum mencapai pon normal seperti sebelum pandemi. Namun peningkatan terjadi sejak bulan Agustus.

Meski pandemi masih ada, namun pergerakan wisatawan lokal yang banyak berlibur, jadi penyumbang tingkat okupansi hotel yang membaik.

Sementara kunjungan wisatawan mancanegara, masih jauh dari angka normal sebelum pandemi, di 550 ribuan. Sementara di bulan November angka kunjungan di 43.394.

Kamar dagang dan industri Indonesia, kadin menyatakan. Vaksinasi covid-19 merupakan momentum positif dalam rangka pemulihan perekonomian.
 
Ingat, pandemi masih ada. Meski vaksinasi sudah dilakukan, yang terutama untuk perbaikan ekonomi saat ini adalah kedisiplinan masyarakat untuk memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.
 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x