Kompas TV regional berita daerah

Mengawali Vaksinasi Covid-19, Wali Kota Banjarmasin Disuntik Vaksin Sinovac

Kamis, 14 Januari 2021 | 20:36 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menjadi orang pertama yang disuntik vaksin covid-19 jenis sinovac di Kantor Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin pada kamis pagi (14/1/2021).

Setelah Ibnu Sina, suntik vaksin dilanjutkan pada sejumlah Pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (forkopimda) Kota Banjarmasin.

Kegiatan ini menjadi seremonial penanda dimulainya proses vaksinasi di Kota Banjarmasin yang akan menyasar tenaga kesehatan pada tahap pertamanya.

Baca Juga: Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Saat Isolasi Mandiri di Rumah

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina meminta warga jangan takut diberi vaksin sebab bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Vaksinasi ini dalam rangka berikhtiar agar covid-19 bisa selesai dan kita memiliki daya imun. Virus ini pasti masih ada tapi yang penting imunitas tiap individu,” ucap Ibnu Sina.

Sebanyak 13.480 vaksin sinovac tersebut selanjutnya akan di distribusikan ke 38 fasilitas pelayanan kesehatan, puskesmas termasuk rumah sakit yang telah direkomendasikan oleh dinkes Kota Banjarmasin.

Selanjutnya akan disuntikan pada tenaga kesehatan seluruh Kota Banjarmasin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, ada 4 tahap sebelum disuntik.

Yaitu dari pendaftaran wawancara keluhan cek darah dan setelah disuntik terlebih dahulu diarahkan agar berdiam dulu beberapa menit.

“Mengawali vaksinasi di Banjarmasin tentunya kita berharap sebagai jaminan vaksinasi aman karena kepala daerah siap disuntik. Jenis vaksinnya Sinovac,” terang Machli Riyadi.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Telah Tiba di Banjarmasin, Tenaga Kesehatan Mendapat Giliran Pertama Vaksinasi

Penerima suntikan akan disuntikan kembali berselang 14 hari disuntikan vaksin pertama, sehingga 1 orang mendapat 2 kali suntikan vaksin sinovac.

Penulis : KompasTV Banjarmasin


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:35
MENDESA PDTT SEBUT DANA DESA BANGKITKAN EKONOMI DAN PEMERATAAN DESA DI TANAH AIR    PEMKAB BANYUWANGI, JATIM, JADIKAN SITUS WATUKEBO MUSEUM SITUS TERBUKA    KOARMADA 1 LAKSAMANA MUDA ABDUL RASYID: BATERAI & CASING CVR KOTAK HITAM SRIWIJAYA SJ-182 DITEMUKAN   PALANG MERAH INDONESIA: PENERIMA VAKSIN COVID-19 TIDAK BISA LANGSUNG DONOR DARAH   BNPB: 21.990 JIWA TERDAMPAK BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN    KPU TUNJUK ILHAM SAPUTRA SEBAGAI PELAKSANA TUGAS KETUA KPU GANTIKAN ARIEF BUDIMAN   PEMPROV SULAWESI SELATAN SIAPKAN RS PENYANGGA UNTUK KORBAN GEMPA DI SULAWESI BARAT   KAPUSKES TNI MAYJEN TUGAS RATMONO AJAK WARGA ANTUSIAS VAKSINASI COVID-19   WALI KOTA JAKARTA BARAT: 931 TENAGA KESEHATAN DI JAKBAR TELAH DISUNTIK VAKSIN COVID-19    DINAS KESEHATAN: 118 TENAGA KESEHATAN KOTA BEKASI SUDAH DIVAKSIN COVID-19   MENDESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR MINTA WARGA DESA TETAP DISIPLIN TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   MENDESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR PASTIKAN SELURUH WARGA DESA DAPAT VAKSIN COVID-19 GRATIS   PRESIDEN JOKO WIDODO IMBAU MASYARAKAT WASPADAI CUACA EKSTREM   KEJAKSAAN AGUNG MULAI PENYIDIKAN KASUS DUGAAN KORUPSI DI PT ASABRI