Kompas TV video cerita indonesia

Hasilkan Puluhan Juta dengan Usaha Membuat Furnitur dari Bambu

Kompas.tv - 14 Januari 2021, 13:33 WIB
Penulis : Laura Elvina

KEDIRI, KOMPAS.TV - Tanaman bambu ternyata bisa dijadikan kerajinan dan furnitur bernilai tinggi. Seperti yang dilakukan oleh Mujiana, seorang warga Kediri, yang berhasil menjalankan usaha furnitur dari bambu.

Di rumah kerajinan Mujiana yang ada di Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, sejumlah pekerja setiap harinya memproduksi furnitur dari bambu.

Oleh Mujiana, bambu diolah menjadi sejumlah barang seperti piring, meja hingga hiasan dinding.

Pria berusia 50 tahun tersebut memutuskan terjun ke dunia mebel bambu setelah melihat banyaknya pohon bambu yang tidak dimanfaatkan.

Dari situlah bapak 2 anak tersebut kemudian mencari referensi dan mengikuti pelatihan tentang pengolahan bambu. Mujiana yakin bahwa bambu yang tidak termanfaatkan itu nantinya dapat dibuat kerajinan bernilai jual tinggi.

Kini setelah 10 tahun berjalan, berbagai kerajinan dan furnitur dari bambu telah terjual ke berbagai daerah di Indonesia. Omzet yang dihasilkan juga mencapai puluhan juta rupiah.

Selain mampu meningkatkan nilai jual bambu dari usaha kerajinan, Mujiana juga dapat memberdayakan warga sekitar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.