Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Langkah Awal Bangkitkan Ekonomi, Kepala Ekonom BCA Siap Divaksin

Kompas.tv - 14 Januari 2021, 13:28 WIB
langkah-awal-bangkitkan-ekonomi-kepala-ekonom-bca-siap-divaksin
KEPALA EKONOM BCA, DAVID SUMUAL (Sumber: KONTAN.CO.ID)
Penulis : Dyah Megasari

JAKARTA, KOMPASTV. Pemerintah sudah memulai program vaksinasi nasional pada Rabu (13/1) untuk menahan laju penyebaran Covid-19.

Kepala ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual menyatakan diri, bersedia dan siap divaksin jika nanti memang gilirannya tiba.

“Ini kan program nasional, harus disukseskan. Namun, memang utamanya adalah garda terdepan. Polisi, tentara, tenaga kesehatan diutamakan, dan lain-lain baru kita. Saya tunggu saja,” ujar David kepada Kontan.co.id.

Baca Juga: Menkes: Anggaran Vaksinasi Diproyeksi Mencapai Rp 75 T

Sembari menunggu giliran divaksin, David mengimbau masyarakat tetap mengimplementasikan gerakan 3M (mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun). Meski dilakukan di bidang kesehatan, hal ini adalah kunci utama membangkitkan ekonomi.

Apalagi, ekonom sepertinya tidak sepenuhnya bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Sehingga, memang perlu tetap menerapkan 3M dengan ketat.

Di kantornya pun, penerapan 3M juga dilaksanakan dengan tertib. Adanya kewajiban mengenakan masker, pengecekan suhu, dan juga ada hand sanitizer di tiap-tiap titik seperti di pintu masuk, resepsionis, dan bahkan di lift.

“Selalu sedia masker pengganti juga di mobil dan di kantor. Terus juga secara otomatis, sudah menjadi kebiasaan kalau menunggu lift ataupun sudah dalam lift, menjaga jarak dengan yang lain,” tandasnya.

Langkah-langkah individual seperti inilah, yang menjadi modal utama imunitas ekonomi. Tanpa manusia yang sehat, ekonomi tidak mungkin bangkit.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.