Kompas TV nasional peristiwa

LBP: Presiden Jokowi Ingin China Lanjutkan Proyek Kereta Cepat hingga Surabaya

Kamis, 14 Januari 2021 | 09:29 WIB
lbp-presiden-jokowi-ingin-china-lanjutkan-proyek-kereta-cepat-hingga-surabaya
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengajak Menteri Luar negeri China Wang Yi untuk melihat keindahan alam Danau Toba, Sumatera Utara, Rabu, 13 Januari 2021. (Sumber: Dokumentasi Facebook Resmi Luhut Binsar Pandjaitan.)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dalam kunjungan Menteri Luar Negeri China Wang Yi ke Indonesia pada 12-13 Januari 2021 lalu, Presiden Joko Widodo mengajak pemerintah China untuk melanjutkan proyek kereta cepat hingga ke Surabaya.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (LBP). Luhut mengatakan, Jokowi menginginkan proyek kereta cepat tidak hanya terhenti sampai tujuan Bandung saja, namun bisa dilanjutkan hingga ke Surabaya.

Baca Juga: Ditinjau Menaker, Ini Perkembangan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Selain itu, proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung juga diharapkan dapat diperpanjang menjadi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung-Surabaya. Presiden Joko Widodo sudah menyampaikan kepada Presiden Xi Jinping agar RRT dapat berpartisipasi dalam proyek tersebut," ujarnya melalui keterangan tertulis, seperti yang dikutip dari Kompas.com Kamis (14/1/2021).

Sebagai informasi, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang dibangun PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) hingga Desember 2020, telah mencapai 64,4 persen.

Baca Juga: Tak Hanya ke Bandung, Jokowi Ingin Proyek Kereta Cepat Sampai Surabaya

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Chandra Dwiputra menjelaskan, capaian realisasi tersebut terdiri dari 5 terowongan, yaitu Tunnel Walini, Tunnel 3, Tunnel 5, Tunnel 7 dan Tunnel 1.

Selain itu, 1.741 batang pier juga telah berdiri di sepanjang lintasan Jakarta dan Bandung, dan siap untuk dihubungkan. Untuk sementara waktu, KCIC saat ini tengah menunggu pengiriman sebanyak 12.000 rel kereta cepat yang akan didatangkan dari China ke Jakarta.

Dalam pertemuan dengan Menlu China, Luhut juga membahas pentingnya kerja sama pengembangan industrial park. Kedua negara akan mengimplementasikan kerja sama bertajuk “Two Countries Twin Park” antara Yuanhong Industrial Park dengan Kawasan Industri Bintan, Kawasan Industri Aviarna dan Kawasan Industri Batang.

Penulis : Tussie Ayu


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:50
KASUS COVID-19 TERUS MENINGKAT, TAMAN NASIONAL KELIMUTU TUTUP SELAMA 14 HARI   MENTAN SYAHRUL YASIN LIMPO SEBUT NILAI MANFAAT PUPUK BERSUBSIDI CAPAI 250 PERSEN   WAPRES MA'RUF AMIN: PENGELOLAAN WAKAF UANG PERLU KERJA SAMA DENGAN MANAJER INVESTASI   WAPRES MA'RUF AMIN MINTA ULAMA SOSIALISASIKAN WAKAF UANG LEWAT DAKWAH   PRESIDEN MINTA SELURUH DAERAH DI TANAH AIR PEDULI TERHADAP MASALAH "STUNTING"   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY: ANGKA "STUNTING" DIPERKIRAKAN NAIK KARENA PANDEMI COVID-19   GUBERNUR SULAWESI BARAT MINTA ASN YANG MENGUNGSI KE LUAR KOTA AKIBAT GEMPA SEGERA KEMBALI   KETUA DPD LANYALLA MATTALITTI APRESIASI KERJA CEPAT TNI AL KIRIM ALAT PELINDUNG DIRI DARI SURABAYA KE MAMUJU   DINAS PENDIDIKAN PAPUA SEBUT LIMA KABUPATEN SUDAH LAKSANAKAN BELAJAR TATAP MUKA   JUBIR SATGAS: MASYARAKAT YANG JADI PENERIMA VAKSIN COVID-19 AKAN DIVAKSINASI DUA KALI   JUBIR SATGAS SEBUT VAKSIN COVID-19 TAK AKAN BERIKAN PERLINDUNGAN MAKSIMAL JIKA HANYA DISUNTIKKAN SEKALI   BLOK MAKAM JENAZAH PASIEN COVID-19 MULAI PENUH, PEMPROV DKI TERUS SIAPKAN LAHAN BARU   RS LAPANGAN IJEN BOULEVARD MALANG RAWAT 614 PASIEN COVID-19, 402 DI ANTARANYA SEMBUH   PERPANJANG PPKM, BUPATI KARANGANYAR JULIYATMONO BERI KELONGGARAN JAM OPERASIONAL PELAKU USAHA