Kompas TV nasional kompas pagi

Persetujuan Calon Tunggal Kapolri yang Ditunjuk Jokowi

Kamis, 14 Januari 2021 | 09:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mengajukan nama Komjen Listyo Sigit Prabowo, sebagai calon Kapolri kepada DPR. Untuk menggantikan Jenderal Idham Aziz yang akan memasuki masa pensiun.

Presiden hanya memberikan satu nama calon kapolri kepada DPR Rabu kemarin.

Komjen Listyo Sigit Prabowo saat ini masih menjabat sebagai Kepala Bareskrim Polri.  

Komjen Listyo diajukan Presiden Joko Widodo, untuk menggantikan Kapolri saat ini Jenderal Idham Azis, yang akan memasuki masa pensiun pada Februari 2021.

Surat presiden tentang pengajuan calon tunggal Kapolri ini. Siang kemarin diantarkan oleh menteri sekretaris negara, pratikno ke DPR.

Sesaat setelah bertemu DPR, pemerintah menurut Pratikno, berharap DPR segera memproses dan menyetujui nama calon Kapolri yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo. Pemerintah berharap proses di DPR bisa lebih cepat dari dua puluh hari.

Setelah menerima surat presiden tentang calon tunggal Kapolri, Ketua DPR Puan Maharani, mengatakan DPR akan memproses pengajuan nama calon Kapolri, Listyo Sigit, selama dua puluh hari ke depan.

Mekanisme persetujuan calon kapolri akan dilakukan DPR melalui tahapan rapat pimpinan, badan musyawarah, hingga rangkaian fit and proper test yang akan dilakukan oleh Komisi III DPR.

Puan menambahkan jika lulus uji kelayakan dan kepatutan, Komjen Listyo Sigit Prabowo akan mulai menjabat pada 1 Februari 2021, menggantikan Jenderal Idham Azis.


 

Penulis : Merlion Gusti


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:13
DPRD JABAR MINTA PEMBANGUNAN TOL CILEUNYI-SUMEDANG-DAWUAN DIPERCEPAT   PEMKAB BANYUWANGI, JATIM, JADIKAN SITUS WATUKEBO MUSEUM SITUS TERBUKA   KOARMADA 1 LAKSAMANA MUDA ABDUL RASYID: BATERAI & CASING CVR KOTAK HITAM SRIWIJAYA SJ-182 DITEMUKAN    PALANG MERAH INDONESIA: PENERIMA VAKSIN COVID-19 TIDAK BISA LANGSUNG DONOR DARAH    IDI NILAI OPSI VAKSIN MANDIRI HARUS ADA AGAR VAKSINASI BERJALAN CEPAT   KPU TUNJUK ILHAM SAPUTRA SEBAGAI PELAKSANA TUGAS KETUA KPU GANTIKAN ARIEF BUDIMAN   MENDESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR SEBUT RP 38 MILIAR DANA DESA TELAH TERSALURKAN KE ACEH SELATAN   MENDESA PDTT KLAIM PEMBENTUKAN BADAN USAHA MILIK DESA TINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA   MENTERI PPPA I GUSTI AYU BINTANG: PEREMPUAN KEKUATAN BANGSA HADAPI PANDEMI COVID-19   DINAS KESEHATAN: 118 TENAGA KESEHATAN KOTA BEKASI SUDAH DIVAKSIN COVID-19   KEMENKES: MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN TETAP PENTING MESKI SUDAH DIVAKSIN   BENTENG VASTENBURG SOLO JADI RUMAH SAKIT DARURAT UNTUK PASIEN COVID-19   POLDA SULTENG SIAPKAN TENDA DAN TEMPAT TIDUR DARURAT UNTUK KORBAN GEMPA DI SULAWESI BARAT   PASCAGEMPA DI SULAWESI BARAT, PMI KIRIM BANTUAN LOGISTIK, PERALATAN, DAN RELAWAN