Kompas TV internasional kompas dunia

Penelitian: Lukisan Gua di Maros Jadi Yang Tertua di Dunia, Berumur 45,500 Tahun

Kamis, 14 Januari 2021 | 08:14 WIB
penelitian-lukisan-gua-di-maros-jadi-yang-tertua-di-dunia-berumur-45-500-tahun
Foto tersebut menunjukkan lukisan babi yang ditemukan di sebuah gua di Sulawesi, Indonesia (Sumber: AFP)

WASHINGTON DC, KOMPAS TV - Para arkeolog telah menemukan lukisan gua tertua di dunia: gambar ukuran asli dari babi hutan, yang dibuat setidaknya 45.500 tahun lalu di Indonesia.

Penemuan yang dijelaskan dalam jurnal Science Advances pada Rabu (13/10/2021) memberikan bukti paling awal dari pemukiman manusia di wilayah tersebut, seperti dilansir AFP

Rekan penulis Maxime Aubert dari Universitas Griffith Australia mengatakan kepada AFP bahwa ditemukan di pulau Sulawesi pada tahun 2017 oleh mahasiswa doktoral Basran Burhan, sebagai bagian dari survei yang dilakukan tim dengan pihak berwenang Indonesia.

Gua Leang Leang terletak di lembah terpencil yang dikelilingi tebing kapur terjal, sekitar satu jam berjalan kaki dari jalan terdekat. Gua tersebut terletak di kabupaten Maros, tidak terlalu jauh sebelum Taman Nasional Bantimurung, Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Istana Tertua China Ditemukan di Ibukota Kuno Berusia 5.300 tahun

Lokasi lukisan gua itu hanya bisa diakses selama musim kemarau karena hampir selalu banjir saat musim hujan, dan tetua masyarakat Bugis yang tinggal di wilayah terpencil ini mengatakan, lukisan-lukisan itu belum pernah dilihat oleh orang Barat. 

Berukuran 136 x 54 cm, babi kutil atau babi bagong Sulawesi ini dicat menggunakan pigmen merah tua dan dilukiskan memiliki bulu pendek tegak, serta sepasang kutil wajah seperti tanduk yang merupakan ciri khas jantan dewasa dari spesies tersebut.

Penulis : Edwin Shri Bimo


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:23
DPRD JABAR MINTA PEMBANGUNAN TOL CILEUNYI-SUMEDANG-DAWUAN DIPERCEPAT   PEMKAB BANYUWANGI, JATIM, JADIKAN SITUS WATUKEBO MUSEUM SITUS TERBUKA   KOARMADA 1 LAKSAMANA MUDA ABDUL RASYID: BATERAI & CASING CVR KOTAK HITAM SRIWIJAYA SJ-182 DITEMUKAN    PALANG MERAH INDONESIA: PENERIMA VAKSIN COVID-19 TIDAK BISA LANGSUNG DONOR DARAH    IDI NILAI OPSI VAKSIN MANDIRI HARUS ADA AGAR VAKSINASI BERJALAN CEPAT   KPU TUNJUK ILHAM SAPUTRA SEBAGAI PELAKSANA TUGAS KETUA KPU GANTIKAN ARIEF BUDIMAN   MENDESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR SEBUT RP 38 MILIAR DANA DESA TELAH TERSALURKAN KE ACEH SELATAN   MENDESA PDTT KLAIM PEMBENTUKAN BADAN USAHA MILIK DESA TINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA   MENTERI PPPA I GUSTI AYU BINTANG: PEREMPUAN KEKUATAN BANGSA HADAPI PANDEMI COVID-19   DINAS KESEHATAN: 118 TENAGA KESEHATAN KOTA BEKASI SUDAH DIVAKSIN COVID-19   KEMENKES: MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN TETAP PENTING MESKI SUDAH DIVAKSIN   BENTENG VASTENBURG SOLO JADI RUMAH SAKIT DARURAT UNTUK PASIEN COVID-19   POLDA SULTENG SIAPKAN TENDA DAN TEMPAT TIDUR DARURAT UNTUK KORBAN GEMPA DI SULAWESI BARAT   PASCAGEMPA DI SULAWESI BARAT, PMI KIRIM BANTUAN LOGISTIK, PERALATAN, DAN RELAWAN