Kompas TV internasional kompas dunia

Trump Dimakzulkan Lagi! Pertama Kali Dalam Sejarah AS Presiden Dimakzulkan Dua Kali

Kamis, 14 Januari 2021 | 06:15 WIB
trump-dimakzulkan-lagi-pertama-kali-dalam-sejarah-as-presiden-dimakzulkan-dua-kali
Ketua Parlemen AS Nancy Pelosi memimpin pemilihan akhir yang memutuskan memakzulkan Presiden AS Donald Trump, Rabu, 13 Januari 2021. (Sumber: Associated Press)

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dimakzulkan oleh parlemen AS untuk kedua kalinya pada Rabu (13/1/2021). Ia didakwa dengan tuduhan hasutan pemberontakan atas pengepungan massa di Gedung Capitol dalam hari-hari terakhirnya menjabat sebagai Presiden AS.

Parlemen AS memilih sebanyak 232 suara melawan 197 suara untuk mendakwa Trump. Proses persidangan berjalan secepat kilat, dengan anggota parlemen memberikan suara hanya satu minggu setelah loyalis Trump menyerbu Gedung Capitol AS. Penyerbuan Gedung Capitol dilakukan setelah Trump menyerukan mereka untuk "berjuang mati-matian" melawan hasil pemilu.

Baca Juga: DPR AS Akan Lakukan Sidang Pemakzulan untuk Trump dengan Dakwaan Hasutan Pemberontakan

"Presiden Amerika Serikat menghasut pemberontakan ini, pemberontakan bersenjata melawan negara kita bersama," kata Ketua DPR Nancy Pelosi di Gedung Parlemen sebelum pemungutan suara. "Dia harus pergi. Dia jelas dan menghadirkan bahaya bagi bangsa yang kita cintai," ujarnya seperti dikutip dari Reuters.

Namun demikian, tampaknya tidak mungkin bahwa pemakzulan yang cepat akan mengarah pada penggulingan Trump sebelum masa jabatannya berakhir dan sebelum Joe Biden dilantik sebagai Presiden pada 20 Januari mendatang.

Pemimpin mayoritas Senat dari Partai Republik, Mitch McConnell, juga menolak seruan Partai Demokrat untuk mengumpulkan Senat dalam sesi darurat untuk memulai persidangan pemakzulan dengan segera, menurut seorang juru bicara seperti dikutip dari Reuters.

Baca Juga: Parlemen Amerika Pertimbangkan Pemakzulan Trump Pada Hari Rabu

Penulis : Tussie Ayu


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:59
MENDESA PDTT SEBUT DANA DESA BANGKITKAN EKONOMI DAN PEMERATAAN DESA DI TANAH AIR    PEMKAB BANYUWANGI, JATIM, JADIKAN SITUS WATUKEBO MUSEUM SITUS TERBUKA    KOARMADA 1 LAKSAMANA MUDA ABDUL RASYID: BATERAI & CASING CVR KOTAK HITAM SRIWIJAYA SJ-182 DITEMUKAN   PALANG MERAH INDONESIA: PENERIMA VAKSIN COVID-19 TIDAK BISA LANGSUNG DONOR DARAH   BNPB: 21.990 JIWA TERDAMPAK BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN    KPU TUNJUK ILHAM SAPUTRA SEBAGAI PELAKSANA TUGAS KETUA KPU GANTIKAN ARIEF BUDIMAN   PEMPROV SULAWESI SELATAN SIAPKAN RS PENYANGGA UNTUK KORBAN GEMPA DI SULAWESI BARAT   KAPUSKES TNI MAYJEN TUGAS RATMONO AJAK WARGA ANTUSIAS VAKSINASI COVID-19   WALI KOTA JAKARTA BARAT: 931 TENAGA KESEHATAN DI JAKBAR TELAH DISUNTIK VAKSIN COVID-19    DINAS KESEHATAN: 118 TENAGA KESEHATAN KOTA BEKASI SUDAH DIVAKSIN COVID-19   MENDESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR MINTA WARGA DESA TETAP DISIPLIN TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   MENDESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR PASTIKAN SELURUH WARGA DESA DAPAT VAKSIN COVID-19 GRATIS   PRESIDEN JOKO WIDODO IMBAU MASYARAKAT WASPADAI CUACA EKSTREM   KEJAKSAAN AGUNG MULAI PENYIDIKAN KASUS DUGAAN KORUPSI DI PT ASABRI