Kompas TV internasional kompas dunia

Kasus Virus Corona Kembali Melonjak, China Lakukan Pengujian pada Jutaan Orang

Kamis, 14 Januari 2021 | 05:20 WIB
kasus-virus-corona-kembali-melonjak-china-lakukan-pengujian-pada-jutaan-orang

 

Petugas yang mengenakan APD mengambil sampel untuk tes virus corona di Shenyang, Provinsi Liaoning, China, Senin, 11 Januari 2021. Saat ini lockdown telah diperluas dan konferensi politik besar di sebuah propinsi harus ditunda, karena kembali merebaknya wabah Covid-19 di China. (Sumber: Yao Jianfeng / Xinhua melalui AP)

BEIJING, KOMPAS.TV – Jutaan orang berbaris di bawah suhu yang membeku untuk melakukan putaran kedua tes virus corona di propinsi Hebei, China, Rabu (13/1/2021). Propinsi ini berada di jantung wabah Covid-19 paling serius di China saat ini.

Komisi Kesehatan Nasional mengumumkan bahwa 90 kasus virus corona telah dikonfirmasi di provinsi Hebei, yang beribukota Shijiazhuang. Sedangkan sebanyak 16 kasus lainnya dilaporkan di provinsi timur laut Heilongjiang dan satu lainnya di provinsi utara Shanxi.

China yang merupakan tempat virus corona pertama kali terdeteksi pada akhir 2019, sebenarnya telah menekan penyebaran virus gelombang pertama. Pihak berwenang pun telah mendorong untuk memvaksinasi 50 juta orang pada pertengahan Februari.

Baca Juga: China Gratiskan Vaksin Covid-19 Buatan Dalam Negeri untuk Seluruh Warganya

Namun wabah kembali merebak di propinsi Hebei. Wabah di Hebei menjadi perhatian khusus, karena propinsi itu dekat dengan Beijing. Perjalanan dari dan ke tiga kota, Shijiazhuang, Xingtai dan Langfang, telah ditutup. Penduduk juga diminta untuk tetap tinggal di rumah sampai minggu depan.

Sekitar 10 juta warga Shijiazhuang telah diperintahkan untuk menjalani pengujian putaran kedua saat pihak berwenang berusaha mengisolasi sumber wabah.

Penulis : Tussie Ayu


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:41
MENDESA PDTT SEBUT DANA DESA BANGKITKAN EKONOMI DAN PEMERATAAN DESA DI TANAH AIR    PEMKAB BANYUWANGI, JATIM, JADIKAN SITUS WATUKEBO MUSEUM SITUS TERBUKA    KOARMADA 1 LAKSAMANA MUDA ABDUL RASYID: BATERAI & CASING CVR KOTAK HITAM SRIWIJAYA SJ-182 DITEMUKAN   PALANG MERAH INDONESIA: PENERIMA VAKSIN COVID-19 TIDAK BISA LANGSUNG DONOR DARAH   BNPB: 21.990 JIWA TERDAMPAK BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN    KPU TUNJUK ILHAM SAPUTRA SEBAGAI PELAKSANA TUGAS KETUA KPU GANTIKAN ARIEF BUDIMAN   PEMPROV SULAWESI SELATAN SIAPKAN RS PENYANGGA UNTUK KORBAN GEMPA DI SULAWESI BARAT   KAPUSKES TNI MAYJEN TUGAS RATMONO AJAK WARGA ANTUSIAS VAKSINASI COVID-19   WALI KOTA JAKARTA BARAT: 931 TENAGA KESEHATAN DI JAKBAR TELAH DISUNTIK VAKSIN COVID-19    DINAS KESEHATAN: 118 TENAGA KESEHATAN KOTA BEKASI SUDAH DIVAKSIN COVID-19   MENDESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR MINTA WARGA DESA TETAP DISIPLIN TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   MENDESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR PASTIKAN SELURUH WARGA DESA DAPAT VAKSIN COVID-19 GRATIS   PRESIDEN JOKO WIDODO IMBAU MASYARAKAT WASPADAI CUACA EKSTREM   KEJAKSAAN AGUNG MULAI PENYIDIKAN KASUS DUGAAN KORUPSI DI PT ASABRI