Kompas TV internasional kompas dunia

Tim Ahli WHO Bertolak ke Wuhan Untuk Lakukan Penelitian Tentang Asal Usul Virus Corona

Kompas.tv - 14 Januari 2021, 03:58 WIB
tim-ahli-who-bertolak-ke-wuhan-untuk-lakukan-penelitian-tentang-asal-usul-virus-corona
Para pekerja yang mengenakan alat pelindung diri (APD) berjalan melewati stasiun kereta Hankou, Wuhan, China pada 7 April 2020. Sekitar satu tahun setelah pandemi dimulai di China, akhirnya tim ahli WHO akan tiba di China pada Kamis, 14 Januari 2021, untuk penyelidikan asal-usul pandemi virus corona. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

KOMPAS.TV - Anggota tim ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berangkat dari negara asalnya masing-masing, untuk menuju China dan melakukan penyelidikan tentang asal-usul pandemi di Wuhan.

Para ahli ada yang berangkat dari Jepang dan Australia dan dijadwalkan akan tiba di Wuhan pada Kamis (14/1/2021), di tempat kasus virus corona pertama kali menyebar pada manusia.

"Saya berharap bisa memberikan kontribusi sebanyak mungkin untuk menemukan petunjuk sumber infeksi," ujar Ken Maeda dari Institut Penyakit Menular Nasional Jepang, seperti dikutip dari the Associated Press.

Baca Juga: Setelah Satu Tahun, Akhirnya WHO Kunjungi Wuhan Untuk Selidiki Asal Usul Pandemi

Mereka diharapkan untuk tinggal sampai awal atau pertengahan Februari, dan akan dikarantina pada saat kedatangan.

"Mungkin (sampai) awal Februari, pertengahan Februari, masih agak tidak pasti," ujar Dominic Dwyer, ahli virologi medis Rumah Sakit Westmead, Australia.

Sebelumnya, China menolak seruan untuk dilakukannya penyelidikan independen tentang asal usul virus corona di Wuhan. Mereka mengendalikan secara ketat semua penelitian tentang asal-usul virus corona. Bahkan seorang jurnalis warga yang melakukan peliputan tentang virus corona di Wuhan harus menerima hukuman penjara selama empat tahun.

Baca Juga: Jurnalis Warga di China Dipenjara Karena Selidiki Virus Corona di Wuhan

Permintaan untuk dilakukannya penyelidikan independen tentang asal usul virus corona di Wuhan telah disuarakan oleh beberapa negara. Tim peneliti dari Robert Koch Institute, Jerman, juga akan melakukan penyelidikan mengenai asal usul pandemi ini bisa menyebar dari hewan ke manusia.

Beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Australia bahkan mengalami hubungan yang renggang dengan China, karena telah meminta penyelidikan tentang asal usul pandemi di Wuhan.

Baca Juga: Jerman akan Meneliti Asal Virus Corona di Wuhan

Namun setelah sekitar satu tahun sejak virus corona pertama kali ditemukan, akhirnya China memberikan lampu hijau untuk diadakannya penyelidikan independen mengenai asal usul virus corona di negaranya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x