Kompas TV internasional kompas dunia

Tim Ahli WHO Bertolak ke Wuhan Untuk Lakukan Penelitian Tentang Asal Usul Virus Corona

Kamis, 14 Januari 2021 | 03:58 WIB
tim-ahli-who-bertolak-ke-wuhan-untuk-lakukan-penelitian-tentang-asal-usul-virus-corona
Para pekerja yang mengenakan alat pelindung diri (APD) berjalan melewati stasiun kereta Hankou, Wuhan, China pada 7 April 2020. Sekitar satu tahun setelah pandemi dimulai di China, akhirnya tim ahli WHO akan tiba di China pada Kamis, 14 Januari 2021, untuk penyelidikan asal-usul pandemi virus corona. (Sumber: Associated Press)

KOMPAS.TV - Anggota tim ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berangkat dari negara asalnya masing-masing, untuk menuju China dan melakukan penyelidikan tentang asal-usul pandemi di Wuhan.

Para ahli ada yang berangkat dari Jepang dan Australia dan dijadwalkan akan tiba di Wuhan pada Kamis (14/1/2021), di tempat kasus virus corona pertama kali menyebar pada manusia.

"Saya berharap bisa memberikan kontribusi sebanyak mungkin untuk menemukan petunjuk sumber infeksi," ujar Ken Maeda dari Institut Penyakit Menular Nasional Jepang, seperti dikutip dari the Associated Press.

Baca Juga: Setelah Satu Tahun, Akhirnya WHO Kunjungi Wuhan Untuk Selidiki Asal Usul Pandemi

Mereka diharapkan untuk tinggal sampai awal atau pertengahan Februari, dan akan dikarantina pada saat kedatangan.

"Mungkin (sampai) awal Februari, pertengahan Februari, masih agak tidak pasti," ujar Dominic Dwyer, ahli virologi medis Rumah Sakit Westmead, Australia.

Sebelumnya, China menolak seruan untuk dilakukannya penyelidikan independen tentang asal usul virus corona di Wuhan. Mereka mengendalikan secara ketat semua penelitian tentang asal-usul virus corona. Bahkan seorang jurnalis warga yang melakukan peliputan tentang virus corona di Wuhan harus menerima hukuman penjara selama empat tahun.

Penulis : Tussie Ayu


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:33
KETUA DPD LA NYALLA MATTALITTI DORONG PENGOLAHAN UDANG JADI KOMODITI PRIORITAS   BNN KOTA TANGERANG SELATAN SOROTI TINGGINYA PEREDARAN SABU DAN GANJA DI CIPUTAT   KEMENTERIAN KESEHATAN: SERTIFIKAT VAKSIN JADI SYARAT JALAN BELUM BERSIFAT FINAL   KAPUSKES TNI MAYJEN TUGAS RATMONO AJAK WARGA ANTUSIAS VAKSINASI COVID-19   WALI KOTA KEDIRI ABDULLAH ABU BAKAR AJAK PENYINTAS COVID-19 DONOR PLASMA   DINKES DKI: PENGUATAN SINERGI ANTARPIHAK SANGAT DIPERLUKAN UNTUK HADAPI KLASTER KELUARGA   PRESIDEN JOKOWI: KITA HARUS OPTIMISTIS AWAL 2021 JADI TITIK BALIK PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA   KETUA DPD LA NYALLA MATTALITTI DORONG PEMERINTAH CEPAT ATASI BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN   PRESIDEN JOKOWI: BULAN INI CURAH HUJAN EKSTREM, WASPADAI BANJIR DAN TANAH LONGSOR   PRESIDEN JOKOWI: SAYA TELAH PERINTAHKAN VAKSINASI COVID-19 TUNTAS SEBELUM AKHIR 2021   TIM SAR MASIH CARI MEMORI CVR SRIWIJAYA AIR SJ-182   TIM DVI TELAH TERIMA SAMPEL DNA 62 KELUARGA KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182   KEMENSOS SALURKAN BANTUAN RP 1,7 MILIAR UNTUK KORBAN GEMPA DI SULAWESI BARAT   POLRI KIRIM PESAWAT HINGGA PERSONEL UNTUK BANTU PENANGANAN GEMPA DI SULAWESI BARAT