Kompas TV internasional kompas dunia

Istana Tertua China Ditemukan di Ibukota Kuno Berusia 5.300 tahun

Kamis, 14 Januari 2021 | 06:15 WIB
istana-tertua-china-ditemukan-di-ibukota-kuno-berusia-5-300-tahun
Istana kuno itu ditemukan di situs Shuanghuaishu, yang diyakini memberikan bukti kunci lain dari asal-usul peradaban China yang berusia lebih dari 5.000 tahun, seperti dilaporkan Xinhua Rabu 13 Januari 2021 (Sumber: Xinhua)

ZHENGZHOU, KOMPAS.TV - China menemukan istana paling tua dari peradaban mereka di Provinsi Henan, China tengah, memperpanjang sejarah China dalam membangun istana sekitar 1.000 tahun, seperti dilansir Xinhua Rabu (13/1/2021).

Istana kuno itu ditemukan di situs Shuanghuaishu, yang diyakini memberikan bukti kunci lain dari asal-usul peradaban China yang berusia lebih dari 5.000 tahun, menurut Wang Wei, presiden Masyarakat Arkeologi China.

Reruntuhan itu dibangun di atas platform tinggi tanah rata yang luasnya sekitar 4.300 meter persegi dan sarat dengan fondasi untuk bangunan.

Pekerjaan penggalian arkeologi telah mengungkap tata letak yang jelas dari dua benda di antara struktur yang dibangun di atas platform.

Di bagian barat platform terdapat halaman dalam bentuk persegi panjang, di luar dinding selatan di mana sebuah alun-alun seluas hampir 880 meter persegi sedang dilakukan penggalian.

Baca Juga: 240 Fosil Jejak Kaki Dinosaurus Ditemukan di China Timur

Gambar ini menunjukkan gerbang yang ditemukan di situs Shuanghuaishu di Kotapraja Heluo di Gongyi, Provinsi Henan, China tengah. China telah menemukan istana paling awal di Provinsi Henan, China tengah, memperpanjang sejarah China dalam membangun istana sekitar 1.000 tahun. (Sumber: Xinhua)

Penemuan tersebut menunjukkan tata letak istana kuno yang khas, di mana wilayah administrasi istana kerajaan berada di depan tempat tinggal.

Penulis : Edwin Shri Bimo


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:34
MENDESA PDTT SEBUT DANA DESA BANGKITKAN EKONOMI DAN PEMERATAAN DESA DI TANAH AIR    PEMKAB BANYUWANGI, JATIM, JADIKAN SITUS WATUKEBO MUSEUM SITUS TERBUKA    KOARMADA 1 LAKSAMANA MUDA ABDUL RASYID: BATERAI & CASING CVR KOTAK HITAM SRIWIJAYA SJ-182 DITEMUKAN   PALANG MERAH INDONESIA: PENERIMA VAKSIN COVID-19 TIDAK BISA LANGSUNG DONOR DARAH   BNPB: 21.990 JIWA TERDAMPAK BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN    KPU TUNJUK ILHAM SAPUTRA SEBAGAI PELAKSANA TUGAS KETUA KPU GANTIKAN ARIEF BUDIMAN   PEMPROV SULAWESI SELATAN SIAPKAN RS PENYANGGA UNTUK KORBAN GEMPA DI SULAWESI BARAT   KAPUSKES TNI MAYJEN TUGAS RATMONO AJAK WARGA ANTUSIAS VAKSINASI COVID-19   WALI KOTA JAKARTA BARAT: 931 TENAGA KESEHATAN DI JAKBAR TELAH DISUNTIK VAKSIN COVID-19    DINAS KESEHATAN: 118 TENAGA KESEHATAN KOTA BEKASI SUDAH DIVAKSIN COVID-19   MENDESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR MINTA WARGA DESA TETAP DISIPLIN TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   MENDESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR PASTIKAN SELURUH WARGA DESA DAPAT VAKSIN COVID-19 GRATIS   PRESIDEN JOKO WIDODO IMBAU MASYARAKAT WASPADAI CUACA EKSTREM   KEJAKSAAN AGUNG MULAI PENYIDIKAN KASUS DUGAAN KORUPSI DI PT ASABRI