Kompas TV entertainment lifestyle

Sempat Ditolak Penerbit, Sampul Komik Tintin Diprediksi Pecahkan Rekor Komik Termahal dalam Sejarah

Kamis, 14 Januari 2021 | 00:30 WIB
sempat-ditolak-penerbit-sampul-komik-tintin-diprediksi-pecahkan-rekor-komik-termahal-dalam-sejarah
Sampul komik Tintin edisi kelima, The Blue Lotus, akan dilelang pada Kamis (14/1) di Prancis. (Sumber: AP Photo / Michel Euler)

PARIS, KOMPAS.TV – Ada kabar menarik bagi Anda penggemar komik Tintin, si jurnalis pemberani dari Belgia.

Dikutip dari Associated Press, sebuah karya goresan gambar Tintin karya Herge akan dilelang pada Kamis (14/1), dan diperkirakan akan laku terjual antara 2 – 3 juta Euro atau sekitar 34 – 51 milyar rupiah. Sampul komik Tintin ini juga diprediksi akan memecahkan rekor sebagai komik paling mahal dalam sejarah.

Baca Juga: Komik Tintin Terjual Mahal

Sampul komik yang digambar pada tahun 1936 ini dilukis dengan menggunakan sapuan kuas tinta China, dan dimaksudkan sebagai sampul depan komik Tintin edisi The Blue Lotus (alias Lotus Biru dalam terjemahan bahasa Indonesianya) yang merupakan edisi kelima. Namun, karya ini tidak pernah terpampang menjadi sampul Lotus Biru karena ditolak lantaran dianggap terlalu mahal bila harus direproduksi dalam skala besar.

“Mereka harus melakukan proses pencetakan dengan empat warna, dan pihak penerbit keberatan, karena buku komik Tintin sendiri sudah mahal, sehingga mereproduksi sampul ini akan menambah biaya produksi,” terang ahli komik Eric Leroy di gedung lelang Art Curial yang terletak di jalan Champs-Elysees di Paris, Prancis.

Baca Juga: Gambar Langka Tokoh Tintin akan Dilelang di Paris

Lotus Biru menggambarkan petualangan Tintin di Asia. Dalam komik tersebut, Tintin yang ditemani Snowy anjingnya yang setia, diceritakan melakukan perjalanan ke China selama masa invasi Jepang di tahun 1931 untuk menyelidiki dan mengekspos jaringan mata-mata Jepang, lingkaran penyelundupan narkoba dan aneka kejahatan lainnya.

Penulis : Vyara Lestari


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:35
KETUA DPD LA NYALLA MATTALITTI DORONG PENGOLAHAN UDANG JADI KOMODITI PRIORITAS   BNN KOTA TANGERANG SELATAN SOROTI TINGGINYA PEREDARAN SABU DAN GANJA DI CIPUTAT   KEMENTERIAN KESEHATAN: SERTIFIKAT VAKSIN JADI SYARAT JALAN BELUM BERSIFAT FINAL   KAPUSKES TNI MAYJEN TUGAS RATMONO AJAK WARGA ANTUSIAS VAKSINASI COVID-19   WALI KOTA KEDIRI ABDULLAH ABU BAKAR AJAK PENYINTAS COVID-19 DONOR PLASMA   DINKES DKI: PENGUATAN SINERGI ANTARPIHAK SANGAT DIPERLUKAN UNTUK HADAPI KLASTER KELUARGA   PRESIDEN JOKOWI: KITA HARUS OPTIMISTIS AWAL 2021 JADI TITIK BALIK PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA   KETUA DPD LA NYALLA MATTALITTI DORONG PEMERINTAH CEPAT ATASI BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN   PRESIDEN JOKOWI: BULAN INI CURAH HUJAN EKSTREM, WASPADAI BANJIR DAN TANAH LONGSOR   PRESIDEN JOKOWI: SAYA TELAH PERINTAHKAN VAKSINASI COVID-19 TUNTAS SEBELUM AKHIR 2021   TIM SAR MASIH CARI MEMORI CVR SRIWIJAYA AIR SJ-182   TIM DVI TELAH TERIMA SAMPEL DNA 62 KELUARGA KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182   KEMENSOS SALURKAN BANTUAN RP 1,7 MILIAR UNTUK KORBAN GEMPA DI SULAWESI BARAT   POLRI KIRIM PESAWAT HINGGA PERSONEL UNTUK BANTU PENANGANAN GEMPA DI SULAWESI BARAT