Kompas TV entertainment musik

Shakira Jual Seluruh Hak Penerbitan Lagunya Kepada Perusahaan Inggris

Rabu, 13 Januari 2021 | 23:47 WIB
shakira-jual-seluruh-hak-penerbitan-lagunya-kepada-perusahaan-inggris
Shakira tampil dalam konser di Madison Square Garden di New York tahun 2018. Hipgnosis Songs Fund Limited, sebuah perusahaan investasi yang berbasis di Inggris, telah memperoleh 100% hak penerbitan musik superstar pemenang Grammy, Shakira. (Sumber: Greg Allen/Invision/AP, File)

NEW YORK, KOMPAS.TV - Hipgnosis Songs Fund Limited, sebuah perusahaan investasi yang berbasis di Inggris, mengumumkan telah membeli 100% hak penerbitan musik superstar pemenang Grammy, Shakira, seperti dilansir Associated Press Rabu (13/01/2021).

Hipgnosis mengumumkannya pada hari Rabu. Katalog Shakira yang kini berpindah hak penerbitan itu mencakup 145 lagu, termasuk "Hips Don Don't Lie," "Whenever, Wherever", "La Tortura", "She Wolf", dan "Waka Waka (This Time for Africa)."

Shakira, yang merilis album debutnya pada tahun 1991 pada usia 13, naik ke puncak jagad musik dunia dengan album ketiganya, "Pies Descalzos" tahun 1995.

Penyanyi-penulis lagu-instrumentalis multitalenta cantik itu menundukkan kancah pop Amerika bagai terjangan badai penuh samber geledek ketika meluncurkan debut album bahasa Inggris, "Laundry Service," pada tahun 2001.

Baca Juga: Universal Music Publishing Borong Seluruh Katalog Lagu Bob Dylan

Shakira memenangkan tiga Grammy Awards, 12 Grammy Latin, empat MTV Video Music Awards, tujuh Billboard Music Awards dan 39 Billboard Latin Music Awards. Secara keseluruhan, Shakira telah menjual 80 juta album.

“Menjadi penulis lagu adalah pencapaian yang saya anggap setara dan bahkan mungkin lebih besar daripada menjadi penyanyi dan artis. Pada usia 8 tahun - jauh sebelum saya bernyanyi - saya menulis untuk memahami dunia.

Penulis : Edwin Shri Bimo


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:41
KETUA DPD LA NYALLA MATTALITTI DORONG PENGOLAHAN UDANG JADI KOMODITI PRIORITAS   BNN KOTA TANGERANG SELATAN SOROTI TINGGINYA PEREDARAN SABU DAN GANJA DI CIPUTAT   KEMENTERIAN KESEHATAN: SERTIFIKAT VAKSIN JADI SYARAT JALAN BELUM BERSIFAT FINAL   KAPUSKES TNI MAYJEN TUGAS RATMONO AJAK WARGA ANTUSIAS VAKSINASI COVID-19   WALI KOTA KEDIRI ABDULLAH ABU BAKAR AJAK PENYINTAS COVID-19 DONOR PLASMA   DINKES DKI: PENGUATAN SINERGI ANTARPIHAK SANGAT DIPERLUKAN UNTUK HADAPI KLASTER KELUARGA   PRESIDEN JOKOWI: KITA HARUS OPTIMISTIS AWAL 2021 JADI TITIK BALIK PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA   KETUA DPD LA NYALLA MATTALITTI DORONG PEMERINTAH CEPAT ATASI BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN   PRESIDEN JOKOWI: BULAN INI CURAH HUJAN EKSTREM, WASPADAI BANJIR DAN TANAH LONGSOR   PRESIDEN JOKOWI: SAYA TELAH PERINTAHKAN VAKSINASI COVID-19 TUNTAS SEBELUM AKHIR 2021   TIM SAR MASIH CARI MEMORI CVR SRIWIJAYA AIR SJ-182   TIM DVI TELAH TERIMA SAMPEL DNA 62 KELUARGA KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182   KEMENSOS SALURKAN BANTUAN RP 1,7 MILIAR UNTUK KORBAN GEMPA DI SULAWESI BARAT   POLRI KIRIM PESAWAT HINGGA PERSONEL UNTUK BANTU PENANGANAN GEMPA DI SULAWESI BARAT