Kompas TV regional berita daerah

Dinas Kesehatan Lakukan Simulasi Vaksinasi

Rabu, 13 Januari 2021 | 15:40 WIB

CIANJUR, KOMPAS.TV- Sebagai tahapan akhir persiapan pelaksanaan pemberian Vaksin Covid-19, Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, melalui Dinas Kesehatan gelar simulasi vaksinasi terhadap para Tenaga Kesehatan. Simulasi ini digelar di salah satu Puskesmas di Cianjur. Dalam simulasi tersebut ada beberapa tahapan yakni, pendaftaran, screnning untuk memastikan kesehatan, pemberian vaksin dan yang terakhir input data observasi selama 30 menit untuk melihat reaksi setelah imunisasi. Dalam satu peserta vaksinasi Covid-19, memakan waktu sekitar 60 menit atau satu jam. Peserta Vaksin ini harus mengantongi beberapa persyaratan, yakni sudah mendapatkan panggilan untuk divaksin kemudian untuk memastikan layak dan tidaknya peserta harus menjalani screnning terlebih dahulu.

Sementara menurut Sekretaris Dinkes Cianjur, Irfan Nur Fauzi, mengatakan ”Simulasi ini dilakukan sebagai bagian dari tahapan akhir persiapan dalam pelaksanaan pemberian Vaksin terhadap para NAKES dan untuk memastikan kesiapan di Puskesmas atau ditempat tempat yang akan dijadikan lokasi pemberian Vaksin Covid-19. Sehingga nantinya dalam simulasi ini, akan terlihat kemungkinan bisa muncul potensi potensi masalah dalam pelaksanaan nya”.

Pada pemberian Vaksin akan di utamakan para Tenaga Kesehatan dan Petugas Kesehatan, mengingat mereka merupakan garda terdepan dalam menangani Virus Covid-19, sehingga menjadi prioritas awal dalam vaksinasi. Jumlah awal tahap pertama kedatangan Vaksin di Cianjur, sekitar lima hingga enam ribu dosis Vaksin dan akan di peruntukan seluruhnya bagi Tenaga Medis.

Penulis : KompasTV Sukabumi




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:11
WAKIL BUPATI OGAN KOMERING ULU DITAHAN KPK KARENA MENJADI TERDAKWA KORUPSI LAHAN KUBURAN   KURSI KEPEMIMPINAN KABUPATEN OGAN KOMERING ULU KOSONG SETELAH BUPATI MENINGGAL DAN WAKIL BUPATI DITAHAN KPK   BUPATI OGAN KOMERING ULU KURYANA AZIS MENINGGAL DUNIA SETELAH 11 HARI JALANI PERAWATAN COVID-19   DPR AKAN AWASI ISU YANG RAMAI DI MASYARAKAT YAKNI PELAKSANAAN VAKSIN COVID-19, UU ITE, HINGGA JIWASRAYA   AHY SERAHKAN 2 BOKS BUKTI PELAKSANAAN KLB ILEGAL KE KPU   SATPOL PP TERTIBKAN 30 PKL YANG JUALAN DI TROTOAR TANAH ABANG, JAKARTA PUSAT   DPR SEGERA MENETAPKAN PROLEGNAS PRIORITAS 2021 PADA MASA PERSIDANGAN IV TAHUN 2020-2021   BATAS AKHIR PENYAMPAIAN SPT TAHUNAN PADA RABU, 31 MARET 2021   MENKEU: PELAPORAN SPT TAHUNAN DI HARI-HARI TERAKHIR BATAS WAKTU PELAPORAN HARUS DIHINDARI   MENKEU SRI MULYANI SARANKAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI SEGERA LAPOR SPT TAHUNAN PEKAN INI   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 3.732 ORANG: 2.869 SEMBUH, 172 MENINGGAL DUNIA, 691 DALAM PERAWATAN   PEMERINTAH: 8 MARET 2021, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 11.198.738 SPESIMEN   HINGGA 8 MARET 2021, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 64.914 ORANG   SATGAS COVID-19: JUMLAH PASIEN SEMBUH HARI INI BERTAMBAH 8.725 ORANG, TOTAL 1.203.381 ORANG