Kompas TV regional berita daerah

Dinas Kesehatan Lakukan Simulasi Vaksinasi

Kompas.tv - 13 Januari 2021, 15:40 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

CIANJUR, KOMPAS.TV- Sebagai tahapan akhir persiapan pelaksanaan pemberian Vaksin Covid-19, Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, melalui Dinas Kesehatan gelar simulasi vaksinasi terhadap para Tenaga Kesehatan. Simulasi ini digelar di salah satu Puskesmas di Cianjur. Dalam simulasi tersebut ada beberapa tahapan yakni, pendaftaran, screnning untuk memastikan kesehatan, pemberian vaksin dan yang terakhir input data observasi selama 30 menit untuk melihat reaksi setelah imunisasi. Dalam satu peserta vaksinasi Covid-19, memakan waktu sekitar 60 menit atau satu jam. Peserta Vaksin ini harus mengantongi beberapa persyaratan, yakni sudah mendapatkan panggilan untuk divaksin kemudian untuk memastikan layak dan tidaknya peserta harus menjalani screnning terlebih dahulu.

Sementara menurut Sekretaris Dinkes Cianjur, Irfan Nur Fauzi, mengatakan ”Simulasi ini dilakukan sebagai bagian dari tahapan akhir persiapan dalam pelaksanaan pemberian Vaksin terhadap para NAKES dan untuk memastikan kesiapan di Puskesmas atau ditempat tempat yang akan dijadikan lokasi pemberian Vaksin Covid-19. Sehingga nantinya dalam simulasi ini, akan terlihat kemungkinan bisa muncul potensi potensi masalah dalam pelaksanaan nya”.

Pada pemberian Vaksin akan di utamakan para Tenaga Kesehatan dan Petugas Kesehatan, mengingat mereka merupakan garda terdepan dalam menangani Virus Covid-19, sehingga menjadi prioritas awal dalam vaksinasi. Jumlah awal tahap pertama kedatangan Vaksin di Cianjur, sekitar lima hingga enam ribu dosis Vaksin dan akan di peruntukan seluruhnya bagi Tenaga Medis.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x