Kompas TV nasional peristiwa

Setelah FDR Black Box, Panglima TNI Yakin Tim Gabungan Segera Temukan CVR Kotak Hitam

Kompas.tv - 12 Januari 2021, 20:48 WIB
setelah-fdr-black-box-panglima-tni-yakin-tim-gabungan-segera-temukan-cvr-kotak-hitam
Kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182 telah ditemukan oleh Tim penyelam dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) TNI AL, Selasa (12/1/2021) petang. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah berhasil mengangkat perangkat flight data recorder (FDR) hingga ke daratan di Pelabuhan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, tim gabungan diyakini akan segera menemukan cockpit voicer recorder (CVR) kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Baca Juga: Serah Terima Kotak Hitam FDR dari Tim Penyelamat kepada KNKT

Hal itu sebagaimana disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam konferensi pers, Selasa (12/1/2021) petang.

"Kami meyakini semua bahwa karena cockpit voice recorder akan ditemukan sekitar itu, maka dengan keyakinan tinggi, cockpit voice recorder juga akan segera ditemukan," ujar Panglima TNI.

Panglima TNI pun berharap petugas gabungan dapat segera menemukan CVR. 

"Mudah-mudahan yang menjadi target kita bisa segera terealisasi," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, kotak hitam terdiri dari dua perangkat, yakni CVR atau yang dikenal perangkat percakapan dalam kokpit pesawat dan FDR yang berisikan rekaman data penerbangan. 

Temuan CVR pun diharapkan segera teralisasi karena dua perangkat dari kotak hitam itu krusial untuk menjadi bahan identifikasi pihak terkait guna mengetahui penyebab jatuhnya Sriwijaya Air.

Panglima TNI menjelaskan, temuan perangkat flight data recorder (FDR) yang menjadi bagian dari black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ 182 itu oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono semula dilaporkan sudah ditemukan tim penyelam sekitar pukul 14.00 WIB. 

Namun, setelah diangkat ke permukaan, ternyata penemuan awal tersebut baru berupa pecahan perangkat FDR.

Seketika, Panglima TNI pun memerintahkan agar KSAL kembali melakukan pencarian terhadap bagian kotak hitam itu. 

"Saya sampaikan kepada KSAL agar terus dicari FDR yang kemungkinan besar masih di wilayah yang menjadi perkiraan sebelumnya," ujar Panglima TNI dalam konferensi pers, Selasa (12/1/2021) petang. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.