Kompas TV entertainment lifestyle

Paris Fashion Week Tahun Ini Digelar Secara Online

Kompas.tv - 12 Januari 2021, 05:45 WIB
paris-fashion-week-tahun-ini-digelar-secara-online
Seorang model memperagakan koleksi musim gugur perancang Valentino pada 1 Maret 2020. Badan pengatur mode Prancis mengatakan bahwa peragaan busana pria dan haute couture Paris bulan ini akan sepenuhnya bebas dari penonton karena kekhawatiran akan virus corona. (Sumber: AP Photo/Francois Mori, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo

PARIS, KOMPAS TV — Badan Regulasi Busana Prancis memutuskan pagelaran busana Paris Fashion Week bulan ini, yang akan menampilkan koleksi busana laki-laki dan haute couture akan dilaksanakan tanpa penonton sama sekali untuk mencegah penularan Covid-19, demikian dilaporkan Associated Press (12/01/2021)

Pengumuan ini mengakhiri kebingungan di berbagai kalangan atas nasib pagelaran busana Perancis yang menjadi acuan trend busana dunia. 

The Fédération de la Haute Couture et de la Mode telah memberi kabar kepada berbagai rumah busana mewah bahwa mereka tidak akan mendapat ijin untuk mengundang siapapun pada pagelaran busana mereka musim ini, berdasarkan instruksi kepolisian Prancis. 

Dalam pernyataannya kepada Associated Press, Federasi Mode dan Adibusana Prancis itu hari Senin (11/01/2021) mengatakan, "kami memastikan tidak akan ada kerumunan" dalam Paris Fashion Week dan "Rumah-rumah adibusana tetap dapat menggelar peragaan busana dengan siaran langsung, namun dengan syarat dilakukan di tempat tertutup,"

Baca Juga: Dunia Fashion Perancis Berduka: Perancang Busana Senior Pierre Cardin Wafat di Usia 98 Tahun

Walau Paris secara teknis tidak memberlakukan pembatasan sosial yang super ketat, di seluruh Prancis berlaku aturan yang sangat membatasi pergerakan manusia, termasuk pembatasan jam berkegiatan pada jam 6 atau jam 8 malam. Pelanggaran yang berulang dapat berakibat hukuman penjara selama enam bulan,"

Pembatasan Sosial Ketat atau Lockdown berakhir 15 Desember tahun lalu, namun rumah makan, rumah minum, bioskop, gedung teater, dan musium tetap ditutup untuk umum. 

Terkait Milan Fashion Week, terlepas dari upaya terbaik Dewan Busana Italia untuk tetap mengakomodasi pagelaran busana, berbagai merk ternama  memilih untuk menggelar adibusana mereka secara tertutup tanpa tamu, wartawan maupun fotografer. 

Kota Milan berada di wilayah Lombardy yang kemungkinan besar akan segera memberlakukan lockdown sebagian. 

Baca Juga: Perancis Memulai Vaksinasi, Dimulai Dengan Kakek 92 tahun

Merk ternama seperti Fendi, Dolce&Gabbana, dan Etro menyatakan pagelaran busana mereka tidak akan melibatkan tamu. Mereka adalah tiga dari empat rumah busana yang menyatakan akan menggelar pagelaran, walau tanpa tamu sama sekali.

Sementara, K-way, pembuat busana outdoor papan atas kelas mewah yang menyatakan sudah memiliki jadwal pagelaran, sejauh ini belum memberikan jawaban kepada Associated Press. 

Milan Fashion Week dijadwalkan berlangsung 15 - 19 Januari memperkecil skala pameran mereka, dengan hanya 40 merk yang akan ikut berpartisipasi. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x