Kompas TV regional berita daerah

Mengintip Persiapan Vaksinasi di DIY

Kompas.tv - 11 Januari 2021, 14:11 WIB
mengintip-persiapan-vaksinasi-di-diy
Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie mengatakan vaksinasi akan berlangsung dalam empat tahap. (Sumber: Switzy Sabandar/Kompas.TV)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Vaskinasi di DIY akan diadakan pada Kamis, 14 Januari 2021. Meskipun demikian, Pemda DIY masih menunggu UEA atau izin penggunaan darurat dari BPOM untuk kepastian eksekusi vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie mengatakan vaksinasi akan berlangsung dalam empat tahap. Total kuota vaksin untuk DIY sekitar 2,6 juta dosis.

Baca Juga: Sultan HB X Tidak Masuk dalam Daftar Penerima Vaksin Sinovac di DIY, Mengapa?

Tahap pertama sebanyak 26.800 dosis akan diberikan untuk sumber daya manusia kesehatan (SDMK) di DIY. Tahap kedua diberikan untuk pelayanan publik, tahap ketiga untuk masyarakat rentan, dan tahap keempat untuk pelaku ekonomi esensial dan masyarakat umum.

“Vaksin Sinovac akan kami distribusikan setelah ada perintah dari pusat, namun logistik yang menyertai seperti alkohol dan lain-lain sudah kami distribusikan ke lima kabupaten dan kota di DIY,” ujarnya, dalam jumpa pers virtual, Senin (11/1/2021).

Pelayanan vaksinasi Covid-19 di DIY akan dilakukan di 121 puskesmas dan 60 fasilitas kesehatan (faskes) lain seperti rumah sakit dan klinik. Ada 367 vaksinator yang sudah dilatih.

“Vaksinator ini belum cukup, target kami ada 1.300 vaksinator untuk melayani 2,6 juta penduduk DIY yang dilatih bertahap dan doperkirakan sudah selesai pada Maret,” ucapnya.

Baca Juga: Gubernur DIY: Vaksinasi Covid-19 Dimulai 14 Januari

Untuk kick off vaksinasi atau peluncuran perdana, Pemda DIY tidak memanfaatkan faskes maupun puskesmas sebagai tempat vaksinasi.

Menurut Pembajun, vaksinasi Covid-19 perdana ini dilakukan di Bangsal Kepatihan Pemda DIY karena pertimbangan edukasi, sehingga memungkinkan untuk diketahui masyarakat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x