Kompas TV nasional peristiwa

Komandan SAR Sebut Pencarian Utuh Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Malam Ini Tetap Dilakukan

Kompas.tv - 10 Januari 2021, 19:45 WIB
komandan-sar-sebut-pencarian-utuh-pesawat-sriwijaya-air-sj-182-malam-ini-tetap-dilakukan
Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman selaku SAR Mission Coordinator (SMC) saat serah terima hasil obyek pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Posko Terpadu JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (10/1/2021). (Sumber: Humas Basarnas)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman selaku SAR Mission Coordinator (SMC) menyampaikan bahwa operasi pencarian pesawat Sriwijaya Air yang jatuh di laut Kepulauan Seribu tetap dilaksanakan pada malam ini.

Baca Juga: Tim DVI Akan Identifikasi Kantong Jenazah Sriwijaya Air Besok 11 Januari

"Operasi tetap kami laksanakan pada malam ini, tetapi terbatas pada pengoperasian kapal-kapal yang dilengkapi dengan peralatan bawah laut seperti Mutibeam Echosounder dan Remotely Operated Vehicle (ROV)," ujar Rasman, dalam keterangan tertulis, Minggu (10/1/2021).

Menurutnya, jika menemukan obyek yang dicari, maka ROV tersebut akan memberikan marking koordinat untuk didata dan dilakukan penyelaman pada esok harinya oleh tim penyelam.

Terkait personil yang terlibat seluruhnya terdata 2571 orang.

Sedangkan peralatan yang dikerahkan terdata 81 unit kapal, 12 halikopter, dan 32 peralatan darat.

"Rencana operasi untuk esok hari masih terfokus pada 4 sektor dengan luasan 2 NM," tutur Rasman, di Posko Terpadu JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta, Minggu.

Ia menjelaskan, pola pencarian masih sama namun lebih spesifik karena badan pesawat telah diketahui titik koordinatnya.

Sebelumnya, Rasman menambahkan, Posko Terpadu operasi SAR Sriwijaya SJ-182 di JICT 2 Tanjung Priok sore tadi kembali menerima obyek pencarian pesawat Sriwijaya Air.

Obyek pencarian yang terdiri dari serpihan pesawat dan body part itu diserahkan tim penyelam Marinir yang dikoordinir oleh Letkol TNI (Mar) M Fadilla.

Penyerahan tersebut yang ke-5 selama pelaksanaan operasi SAR hari kedua (H+2) ini hingga sore tadi.

Baca Juga: Tim SAR Gabungan Fokus Cari 2 Black Box Pesawat Sriwijaya Air yang Telah Diketahui Posisinya

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pesawat Sriwijaya Air SJ-182 route Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021) sore.

Terkait informasi penumpang, pihak Sriwijaya Air sudah menyediakan layanan hotline dengan nomor 021-80637817.

Belakangan diketahui, pesawat Sriwijaya Air yang bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta dengan total penumpang 62 orang itu jatuh di sekitaran Kepulauan Seribu.

Pesawat Sriwijaya AIR SJ-182 route Jakarta-Pontianak itu diduhga kuat jatuh di antara Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x