Kompas TV regional berita daerah

Petani Mengeluh Harga Bawang Merah Anjlok

Kompas.tv - 9 Januari 2021, 08:00 WIB

BREBES, KOMPAS.TV - Para petani bawang merah di Kelurahan Limbangan Kulon, Kabupaten Brebes, mengeluhkan murahnya harga jual hasil panen bawang merah, rabu siang. Sudah satu bulan setengah harga bawang terus merosot dari harga sebelumnya di kisaran dua puluh ribu rupiah per kilogram yakni pada bulan november 2020 lalu.

Kepala bidang hortikultura Dinas pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten Brebes, Tanti Palupi, menyebutkan jika merosotnya harga bawang merah tersebut disebabkan karena tengah terjadi panen raya. Tak hanya di Kabupaten Brebes, namun sejumlah daerah sentra penghasil bawang merah lain, seperti di Kendal, demak dan ntt juga tengah panen raya.

Sementara itu, salah seorang petani bawang merah, warni berharap pemerintah menstabilkan agar petani bisa memperoleh untung. Saat ini upaya yang dilakukan oleh petani hanya menunda jual, dengan menyimpan bawang. Namun, upaya tersebut dirasakan tidak efektif, karena justru berdampak pada membengkaknya biaya perawatan.

Pada tahun ini musim panen bawang merah di Kabupaten Brebes maju satu bulan, yakni yang biasanya di bulan september sekarang di bulan oktober. Berdasarkan data dinas pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten Brebes telah mencatat tiga ratus sampai tiga ratus dua puluh ribu ton per tahun.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.