Kompas TV TALKSHOW satu meja

Calon Pengganti Kapolri Idham Aziz Punya Banyak PR! Apa Saja? - SATU MEJA THE FORUM (Bag 4)

Jumat, 8 Januari 2021 | 18:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Idham Azis akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021.

Sesuai undang-undang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus menyetor nama pengganti Idham ke DPR RI paling lambat 20 hari sebelum masa jabatan Idham berakhir.

Meski tinggal menghitung hari, hingga saat ini belum ada tanda-tanda Jokowi akan menentukan siapa yang akan menggantikan Idham Azis untuk menduduki posisi Kapolri.

Namun, Kepala Kantor Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menyatakan, Jokowi telah mengantongi nama calon Kapolri yang akan menggantikan Idham. Menurut mantan Panglima TNI ini, Presiden akan segera mengirim nama calon Kapolri ke DPR dalam waktu dekat.

Dari Kabareskrim hingga Kabaharkam Meski Istana masih merahasikan sosok pengganti Idham, sejumlah nama yang dikabarkan akan menjadi Trunojoyo I sudah beredar luas.

Ada beberapa nama yang disebut memiliki kans untuk memimpin Korps Bhayangkara. Dari sejumlah nama yang beredar, ada empat nama yang diprediksi berpotensi menduduki posisi Kapolri. Mereka adalah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar, Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo, Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komisaris Jenderal Agus Andrianto.

Empat perwira tinggi tersebut disebut-sebut bakal berebut simpati Jokowi agar bisa menjadi orang nomor satu di Mabes Polri.

 

Penulis : Yudho Priambodo


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:30
MENDESA PDTT SEBUT DANA DESA BANGKITKAN EKONOMI DAN PEMERATAAN DESA DI TANAH AIR    PEMKAB BANYUWANGI, JATIM, JADIKAN SITUS WATUKEBO MUSEUM SITUS TERBUKA    KOARMADA 1 LAKSAMANA MUDA ABDUL RASYID: BATERAI & CASING CVR KOTAK HITAM SRIWIJAYA SJ-182 DITEMUKAN   PALANG MERAH INDONESIA: PENERIMA VAKSIN COVID-19 TIDAK BISA LANGSUNG DONOR DARAH   BNPB: 21.990 JIWA TERDAMPAK BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN    KPU TUNJUK ILHAM SAPUTRA SEBAGAI PELAKSANA TUGAS KETUA KPU GANTIKAN ARIEF BUDIMAN   PEMPROV SULAWESI SELATAN SIAPKAN RS PENYANGGA UNTUK KORBAN GEMPA DI SULAWESI BARAT   KAPUSKES TNI MAYJEN TUGAS RATMONO AJAK WARGA ANTUSIAS VAKSINASI COVID-19   WALI KOTA JAKARTA BARAT: 931 TENAGA KESEHATAN DI JAKBAR TELAH DISUNTIK VAKSIN COVID-19    DINAS KESEHATAN: 118 TENAGA KESEHATAN KOTA BEKASI SUDAH DIVAKSIN COVID-19   MENDESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR MINTA WARGA DESA TETAP DISIPLIN TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   MENDESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR PASTIKAN SELURUH WARGA DESA DAPAT VAKSIN COVID-19 GRATIS   PRESIDEN JOKO WIDODO IMBAU MASYARAKAT WASPADAI CUACA EKSTREM   KEJAKSAAN AGUNG MULAI PENYIDIKAN KASUS DUGAAN KORUPSI DI PT ASABRI