Kompas TV internasional kompas dunia

Uni Eropa Setujui Vaksin Covid-19 Buatan Moderna, Dapat Segera Digunakan

Kompas.tv - 6 Januari 2021, 21:51 WIB
uni-eropa-setujui-vaksin-covid-19-buatan-moderna-dapat-segera-digunakan
sebotol vaksin Moderna COVID-19 di atas meja sebelum digunakan di Topeka, AS. Badan obat-obatan Uni Eropa pada hari Rabu 6 Januari 2021 memberikan lampu hijau untuk vaksin COVID-19 Moderna Inc. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo

AMSTERDAM, KOMPAS TV – Badan Pengatur Obat-obatan Uni Eropa memberi lampu hijau kepada vaksin Covid-19 buatan Moderna, membuat kelompok 27 negara itu sekarang memiliki dua vaksin Covid-19 yang dapat mereka gunakan untuk memerangi penyebaran Covid-19, demikian dilaporkan Associated Press, Rabu (06/01/2021).

Persetujuan itu dikeluarkan Komite Obat-Obatan Manusia dari Badan Obat-Obatan Eropa, dan akan mendapat persetujuan formalitas dari Komisi Eksekutif Uni Eropa.

Persetujuan ini datang ditengah badai kritik atas lambannya vaksinasi di seluruh Eropa, dimana 450 juta penduduknya menghadapi tingkat penularan Covid-19 yang sangat tinggi.

Baca Juga: FDA Amerika Serikat Resmi Setujui Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 Buatan Moderna

“Vaksin ini memberi kita tambahan alat untuk mengatasi kedaruratan yang ada saat ini,” tutur Emer Cooke, direktur eksekutif Badan Obat-obatan Eropa EMA, seraya mengatakan,”Ini adalah bukti komitmen dan upaya semua yang terlibat bahwa kita sekarang memiliki dua vaksin hanya kurang dari satu tahun sejak WHO menyatakan terjadinya pandemi,”

Vaksin Covid-19 buatan Moderna itu mendapat lampu hijau untuk usia 18 tahun ke atas, dengan efek samping “rendah atau sedang dan akan membaik beberapa hari setelah vaksinasi,”

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen menyambut baik keputusan itu dan pada twitnya mengatakan,”Sekarang kita ngebut untuk menyetujui (vaksin buatan Moderna) dan akan membuatnya tersedia di Uni Eropa,”

Baca Juga: Wakil Presiden Terpilih AS Kamala Harris Disuntik Vaksin Moderna

EMA sebelumnya telah memberi persetujuan bagi vaksin Covid-19 buatan Pfizer dan BioNTech. Kedua vaksin itu, baik buatan Pfizer maupun Moderna, membutuhkan dua kali suntikan.

Uni Eropa sudah memesan 80 juta dosis vaksin buatan Moderna dengan opsi tambahan 80 juta dosis. Uni Eropa juga berkomitmen untuk membeli 300 juta dosis vaksin buatan Pfizer dan BioNTech.

Menteri Kesehatan Jerman, Jens Spahn, yang selama ini vokal atas kelambanan Badan Obat-Obatan Uni Eropa, sebelum pengumuman persetujuan vaksin Moderna mengatakan, dia berharap vaksin Moderna itu bisa mulai disuntikkan ke masyarakat Uni Eropa minggu depan.

Jerman menyatakan akan membeli 2 juta dosis pada kuartal pertama tahun ini dengan total pembelian sebanyak 50 juta dosis di tahun 2021.

Baca Juga: Rencana Pemerintah Pesan Vaksin Covid-19 Produksi Moderna dari Amerika Serikat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.