Kompas TV nasional update corona

Airlangga Hartarto: Vaksinasi Covid-19 Dijadwalkan Minggu Depan

Kompas.tv - 4 Januari 2021, 14:49 WIB
airlangga-hartarto-vaksinasi-covid-19-dijadwalkan-minggu-depan
Vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech. Arab Saudi berencana memulai vaksinasi sebelum akhir tahun ini. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ninuk Bunski

JAKARTA, Kompas.TV- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah masih menunggu izin edar darurat dari BPOM dan sertifikasi halal vaksin Covid-19. Rencananya, pemerintah akan memulai program vaksinasi Covid-19 pekan depan.

Demikian Airlangga Hartarto mengatakan seusai rapat kabinet bersama Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri, Senin (4/1/2021).

"Tadi dilaporkan bahwa pemerintah akan segera memulai untuk melakukan vaksinasi yang dijadwalkan sekitar pertengahan bulan atau minggu depan," kata Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Hari Ini 30.000 Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Palembang, Vaksinasi Dimulai Pertengahan Januari 2021

Bersamaan dengan itu, sambung Airlangga, pemerintah terus menyiapkan vaksin-vaksin lain hasil dari kerja sama dengan berbagai negara, seperti AstraZeneca, Pfizer, Novavax, hingga vaksin dari GAVI.

Airlangga mengingatkan, meskipun vaksinasi akan dilakukan dalam waktu dekat, masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Pemerintah akan terus mendorong peningkatan kedisiplinan masyarakat dan kedisiplinan masyarakat itu ya memakai masker, menjaga jarak, kemudian juga mencuci tangan, dan tetap menghindari kerumunan," ujarnya.

Selain itu, Airlangga menambahkan pemerintah juga mendorong peningkatan ketersediaan tempat tidur bagi pasien Covid-19 baik di RSUD maupun RS swasta.

Airlangga berharap kapasitas tempat tidur bagi pasien Covid-19, bisa bertambah hingga 30 persen.

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x