Kompas TV regional berita daerah

Dokter Ajak Warga Terapkan Protokol Kesehatan 3M dengan Ketat!

Kompas.tv - 29 Desember 2020, 00:57 WIB
Penulis :

JEMBER, KOMPAS.TV - Tenaga medis di laboratorium untuk memeriksa PCR dari sampel cairan pasien covid-19, rentan terinfeksi virus.

Protokol kesehatan secara ketat, tak hanya saat bertugas, menjadi standar yang harus diterapkan, termasuk saat bersama keluarga di rumah.

Dokter Binar Rahma Utami merupakan spesialis patologi klinik, di rumah sakit rujukan covid-19, yakni RSD Dokter Soebandi Jember Jawa Timur.

Setiap hari, ia bertugas di laboratorium untuk memeriksa PCR dari sampel cairan pasien yang memiliki gejala klinis covid-19.

Saat bertugas, dokter binar selalu menerapkan prosedur secara ketat, dan menggunakan alat pelindung diri secara lengkap.

Ini ia lakukan agar tidak tertular virus Corona.

Menerapkan protokol kesehatan secara ketat ia lakukan mulai dari tempat kerja, hingga saat berada di rumah bertemu keluarga tercintanya.

Sepulang bekerja dan sebelum berinteraksi dengan anggota keluarganya, ibu dari tiga anak ini selalu memastikan dirinya terbebas dari virus.

Seharian bekerja di rumah sakit tentu saja membuat sang dokter ingin segera bercengkerama bersama anak- anaknya.

Meski rindu tak terbendung, ia tak serta merta langsung memeluk atau menyentuh anak-anak. Pola hidup sehat dan bersih apalagi di masa pandemi seperti ini, akan selalu ia terapkan.

Biasanya setibanya di rumah, barang bawaan seperti tas, gawai, dan sepatu, selalu ia semprot terlebih dahulu menggunakan desinfektan.

Masker yang selesai dipakai, juga selalu ia tinggalkan di luar rumah.
Kemudian dokter binar akan mencuci tangan dan kakinya sebelum masuk ke dalam rumah.

Mengganti baju dan langsung mandi pun ia lakukan.

Setelah bersih - bersih, dokter binar baru mendatangi anak-anaknya untuk bermain dan bercanda bersama.

Dokter Binar tak pernah lelah mengingatkan orang sekitar dan anggota keluarganya untuk menerapkan tiga m dimanapun, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Dokter Binar yakin, vaksin terbaik untuk melawan virus Corona saat ini, adalah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik dan benar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x