Kompas TV video internasional

WHO: Dunia Harus Belajar dari Pandemi Covid-19, Ini Bukan Pandemi Terakhir

Kompas.tv - 27 Desember 2020, 16:25 WIB
Penulis : Theo Reza

KOMPAS.TV – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) peringatkan pandemi virus covid-19 ini bukan pandemi yang terakhir, ia ingatkan untuk selalu mempersiapkan kepada wabah selanjutnya.

Mengutip Kompas.com, Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengutuk pihak yang hanya mengeluarkan uang untuk wabah Covid-19, tetapi tidak melakukan apa pun untuk mempersiapkan wabah berikutnya.

Hal ini disampaikannya dalam pesan video yang menandai Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional.

"Kami membuang uang saat terjadi wabah. Ketika sudah berakhir, kami melupakannya dan tidak melakukan apa pun untuk mencegah wabah berikutnya. Ini sangat picik, dan terus terang sulit untuk dipahami," ujar Tedros.

Baca Juga: 7 Gejala Ini Timbul Saat Terpapar Varian Baru Virus Corona

"Sejarah memberi tahu kita bahwa ini bukan pandemi terakhir, dan epidemi adalah fakta kehidupan," tegas dia

Tedros menuturkan, setiap upaya yang meningkatkan kesehatan manusia akan gagal jika tidak disertai dengan mengatasi krisis antar manusia, hewan dan ancaman perubahan iklim.

"Dalam 12 bulan terakhir, dunia kita telah terbalik. Dampak pandemi jauh melampaui penyakit itu sendiri, dengan konsekuensi yang luas bagi masyarakat dan ekonomi," ujar Tedros.

Tedros ingatkan, semua negara harus berinvestasi dalam kapasitas kesiapsiagaan untuk mencegah, mendeteksi dan mengurangi segala jenis keadaan darurat.

Dan menyerukan agar dunia menyedikakan perawatan kesehatan primer yang lebih kuat.

Baca Juga: Varian Baru Corona Merebak, Orang Asing Seluruh Dunia Dilarang Masuk Jepang!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.