Kompas TV kolom budiman tanuredjo

Reshuffle Kabinet Jokowi, Oposisi Mati Suri - Opini Budiman

Sabtu, 26 Desember 2020 | 09:01 WIB

Drama perombakan kabinet berakhir. Selasa siang 22 Desember 2020, Presiden Jokowi mengumumkan enam Menteri baru dan melantiknya di Istana Negara, Rabu 23 Desember 2020. Sebagaimana layaknya sesuatu yang baru, ada harapan di sana, ada pula pertanyaan di sana. Sesuatu yang wajar.

Presiden Jokowi memang kerap membuat kejutan. Dalam putusannya, Presiden mencoba mencari sesuatu yang baru. Presiden mengubah pakem yang dipahami sebagai pakem demokrasi barat.

Hal itu ditunjukkan saat Presiden Jokowi menunjuk dan melantik Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menggantikan Wisnutama.

Tindakan politik itu merupakan kelanjutan langkah politik presiden, setelah Presiden Jokowi merangkul pesaingnya di Pemilu Presiden 2019, Prabowo Subianto, sebagai Menteri Pertahanan.

Di tengah krisis kesehatan dan ekonomi, publik membutuhkan kerja cepat para Menteri mengendalikan pandemi, mempercepat program vaksinasi, mengatasi resesi ekonomi, mencegah terjadinya krisis sosial, dan yang penting, jangan sampai korupsi.

Selamat bekerja kepada Budi Gunadi Sadikin, sebagai Menteri Kesehatan. Seorang Menteri Kesehatan berlatar belakang fisika nuklir dan seorang bankir, Budi sudah terlibat aktif dalam perburuan vaksin Covid-19. Itu juga terobosan Presiden Jokowi. Sudah ada presedennya di luar negeri.

Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Yaqut Cholil Qoumas sebegai Menteri Agama.

Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial.

Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteru Kelautan dan Perikanan.

Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.

Penulis : Aryo bimo


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:41
KETUA DPD LA NYALLA MATTALITTI DORONG PENGOLAHAN UDANG JADI KOMODITI PRIORITAS   BNN KOTA TANGERANG SELATAN SOROTI TINGGINYA PEREDARAN SABU DAN GANJA DI CIPUTAT   KEMENTERIAN KESEHATAN: SERTIFIKAT VAKSIN JADI SYARAT JALAN BELUM BERSIFAT FINAL   KAPUSKES TNI MAYJEN TUGAS RATMONO AJAK WARGA ANTUSIAS VAKSINASI COVID-19   WALI KOTA KEDIRI ABDULLAH ABU BAKAR AJAK PENYINTAS COVID-19 DONOR PLASMA   DINKES DKI: PENGUATAN SINERGI ANTARPIHAK SANGAT DIPERLUKAN UNTUK HADAPI KLASTER KELUARGA   PRESIDEN JOKOWI: KITA HARUS OPTIMISTIS AWAL 2021 JADI TITIK BALIK PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA   KETUA DPD LA NYALLA MATTALITTI DORONG PEMERINTAH CEPAT ATASI BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN   PRESIDEN JOKOWI: BULAN INI CURAH HUJAN EKSTREM, WASPADAI BANJIR DAN TANAH LONGSOR   PRESIDEN JOKOWI: SAYA TELAH PERINTAHKAN VAKSINASI COVID-19 TUNTAS SEBELUM AKHIR 2021   TIM SAR MASIH CARI MEMORI CVR SRIWIJAYA AIR SJ-182   TIM DVI TELAH TERIMA SAMPEL DNA 62 KELUARGA KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182   KEMENSOS SALURKAN BANTUAN RP 1,7 MILIAR UNTUK KORBAN GEMPA DI SULAWESI BARAT   POLRI KIRIM PESAWAT HINGGA PERSONEL UNTUK BANTU PENANGANAN GEMPA DI SULAWESI BARAT