Kompas TV kolom opini

Kembali ke Titik Nol

Kamis, 24 Desember 2020 | 15:50 WIB
kembali-ke-titik-nol
Selamat Natal. Et in terra pax homibus bonae voluntatis, dan damai di bumi bagi semua orang yang berkehendak baik. (Sumber: Pixabay)

Oleh: Trias Kuncahyono, Jurnalis Harian Kompas


Pertama

Tak berlebihan kalau tahun ini disebut sebagai Annus horribilis, tahun yang mengerikan, zaman penuh kesengsaraan, zaman Kalabendu. Dampak pandemi Covid-19 demikian dahsyat terhadap kehidupan manusia. Hingga tanggal 23 Desember, dari 78.950.072 kasus di seluruh dunia yang tercatat, 1.735.179 meninggal.  

Pandemi Covid-19 ini telah merusak berbagai sendi kehidupan manusia. Banyak keluarga berduka karena kehilangan sanak saudara. Banyak pula yang kehilangan pekerjaan. Anak-anak yang harus belajar di rumah kehilangan kesempatan untuk bergaul dengan teman-teman sebaya.

Meminjam istilah yang digunakan Romo Muji Sutrisno, pandemi Covid-19 ibarat tombol reset. Reset berarti mengatur ulang. Jadi apa pun itu yang direset akan kembali ke pengaturan awalnya. Kembali ke titik awal. Kembali ke titik nol.

Reset juga berarti menghapus semua data yang dibuat sehingga membuat memori penyimpanan kosong, seperti waktu awalnya. Orang harus lebih banyak tinggal di rumah atau sepenuhnya tinggal di rumah, untuk memutus rantai penularan. Rumah menjadi sekolah, kantor dan banyak lagi. Covid-19 telah mendorong konsumen online lebih cepat dari yang diharapkan.

Maka itu, para karyawan, pegawai kemudian bekerja dari rumah (WFH). Mal-mal sepi. Kafe-kafe sepi. Pasar sepi. Restoran sepi. Terminal sepi. Bandara sepi. Pelabuhan sepi. Tempat-tempat tujuan wisata, juga sepi.

Penulis : Hariyanto Kurniawan


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:59
KAROPENMAS HUMAS POLRI: 59 DARI 62 KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 TELAH TERIDENTIFIKASI   DISHUB DKI JAKARTA: KENDARAAN YANG TAK LULUS UJI EMISI AKAN DIKENAKAN TARIF PARKIR TERTINGGI   KETUA MAJELIS PERTIMBANGAN KARANG TARUNA GIBRAN RAKABUMING RAKA MINTA KARANG TARUNA DUKUNG VAKSINASI COVID-19   DUKUNG PENERAPAN TILANG ELEKTRONIK, POLDA JATENG PASANG KAMERA DI HELM POLANTAS   KEMENAKER DORONG DUNIA USAHA SEGERA BUAT STRUKTUR DAN SKALA UPAH SESUAI DENGAN PERATURAN PENGUPAHAN TERBARU   KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN AKSELERASI PENGEMBANGAN KENDARAAN LISTRIK BERBASIS BATERAI   WAPRES MA'RUF AMIN SEBUT GENOSE MERUPAKAN INOVASI ANAK BANGSA YANG HARUS DIDUKUNG   TIM DVI POLRI TUTUP IDENTIFIKASI KORBAN PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182, 3 ORANG BELUM TERIDENTIFIKASI   BEKERJA SAMA DENGAN KPU, MENKES HARAP MASYARAKAT BISA RASAKAN PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS DATA   KPU DAN KEMENKES TANDA TANGANI MOU SOAL AKSES DATA UNTUK VAKSINASI COVID-19   KPU SIAP BEKERJA SAMA DENGAN INSTANSI YANG MEMBUTUHKAN DATA PEMILIH   SATGAS: TEMUAN KASUS COVID-19 DARI MUTASI VIRUS CORONA B.1.1.7 ASAL INGGRIS AKAN DITELUSURI LEBIH LANJUT   KETUA DPD MINTA PEMDA HADIRKAN KEBIJAKAN INOVATIF DI SEKTOR EKONOMI AGAR PROSES PEMULIHAN DARI PANDEMI LEBIH CEPAT   KETUA DPD MINTA PEMDA HADIRKAN KEBIJAKAN INOVATIF DI SEKTOR EKONOMI AGAR PROSES PEMULIHAN DARI PANDEMI LEBIH CEPAT